LBH Fokus Malut Hadir di Maluku Utara

404 views

Logo LBH Fokus Malut

Ternate, medianasional.id – Dalam rangka untuk mengawal proses penegakan hukum yang berkepastian dan memenuhi rasa keadilan masyarakat, Lembaga Batuan Hukum (LBH) Fokus hadir di Maluku Utara.

Lembaga yang berdiri pada tanggal 15 September 2020 di Ternate ini, beralamat di Jl. Kampus Unkhair Kelurahan. Ngade, Kecamatan Ternate Selatan, Kota Ternate Provinsi Maluku Utara dengan memiliki makna nama yaitu filosofi Keadilan untuk semua.

Dalam ilmu hukum ada adagium yang berbunyi Fiat Justitia Ruat Caelum yang artinya tegakkanlah hukum walaupun langit akan runtuh, artinya bahwa penegakan hukum yang dilakukan oleh lembaga penegak hukum harus benar-benar terpenuhi yang namanya asas kepastian, kemanfaatan, dan keadilan Hukum. Bahkan adagium diatas tidak sekedar adagium belaka, namun memiliki makna filosofis dan prinsip-prinsip berhukum yang menembus langit-langit keadilan sebab tanpa keadilan maka kepastian menjadi hampa.

Penegakkan hukum harus berbasis pada azaz Equality Before The Law, yang artinya semua orang dan/atau semua warga negara sama di hadapan hukum. Hal tersebut sebagaimana telah di gariskan dalam konstitusi Indonesia (UUD 1945) pada pasal 27 ayat 1 berbunyi segala warga negara bersamaan kedudukaannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya.

“Kehadiran LBH Fokus di Maluku Utara adalah salah satunya untuk menjawab undang-undang bantuan hukum, yaitu dengan memberikan pendampingan dan bantuan hukum secara cuma-cuma, baik di dalam maupun diluar peradilan terhadap masyarakat miskin atau marginal yang diperhadapkan dengan hukum,” Kata Direktur LBH Fokus Maluku Utara, Hairun Rizal,.SH.MH.

Tak hanya itu, LBH ini juga akan mengawal perkara perkara yang mandeg dan/atau tidak jalan di meja penegak hukum sehingga perkara yang di tangani tersebut jika benar bernar unsur pidananya terpenuhi, maka prosesnya harus di lanjutkan sampai pada proses pradilan dan berakhir dengan putusan hakim yang berkekuatan hukum tetap.

STRUKTUR LBH FOKUS MALUKU UTARA

Pengawas : DR. ABDUL AZIZ HAKIM, SH.MH.
Ketua/Direktur : HAIRUN RIZAL, SH.MH.
Sekretaris : IDHAM M. NUR LATUCONSINA, SH.
Bendahara : KHAIRUN ABD. GANI. SH.
Kabid Advokasi : ADBULAH ADAM. SH.
Kabid Litigasi & Non Litigasi : ARDI HAJUAN, SH.

Contak Person LBH Fokus Malut : 082299305751/082398896629

DomaiNesia

LBH Fokus Malut Hadir di Maluku Utara Maluku utara Ternate

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.