Tingkatkan Daya Saing, Produk UMKM Lokal Purbalingga Masuk di Alfamart

Purbalingga258 Dilihat

Purbalingga, medianasional.id – Sebanyak 34 produk UMKM lokal Purbalingga mulai dijual di 4 outlet toko modern Alfamart di Purbalingga. Hal ini merupakan bentuk kerjasama Pemkab Purbalingga (DinkopUKM) dengan Alfamart guna meningkatkan daya saing produk UMKM lokal.

“Tahap awal baru 4 outlet, tahap selanjutnya bisa disediakan di seluruh outlet Alfamart di Purbalingga. Kedepan diharapkan bisa diperluas lagi masuk ke gerai-gerai Alfamart di kabupaten lain,” kata Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM dalam acara Launching Produk Lokal UMKM, Kamis (6/8) di kompleks Alfamart Jl AW Soemarmo Purbalingga.

Atas nama pemerintah, Bupati menyampaikan terimakasih atas kemitraan ini. Hal ini merupakan upaya Pemkab Purbalingga dalam rangka membantu UMKM lokal untuk bisa naik kelas dan berdaya saing.

“Dan tentunya Alhamdulillah setelah kami evaluasi, ternyata omsetnya cukup bagus dan cukup membantu pelaku UMKM di tengah pandemik ini,” katanya.

Produk UMKM lokal yang bisa masuk tentu memiliki berbagai persyaratan sebagaimana produk UMKM yang masuk dalam program Tuka-Tuku Purbalingga. Diantaranya memiliki Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK), PIRT, kualitas dan kontinuitas terjaga. “Jangan sampai nanti ordernya banyak tiba-tiba kewalahan dan tidak mampu mencukupi,” imbuhnya.

Bupati berharap kemitraan ini bisa menjadi contoh bagi toko modern lain untuk bisa bantu memasarkan produk UMKM lokal. Bahkan hal ini merupakan salah satu persyaratan dalam megajukan izin mendirikan toko modern.

“Harus kerjasama dengan UMKM lokal, jadi kalau tidak ada unsur pemberdayaan hanya numpang membangun di Purbalingga saja buat apa? yang kita butuhkan ya kerjasamanya dan kontribusinya terhadap pemberdayaan UMKM Purbalingga.

Perwakilan UMKM Purbalingga, Ngudiono menyampaikan terimakasih kepada Pemda Purbalingga yang telah mengupayakan produk UMKM naik kelas diantaranya dengan program Tuka-tuku yang bekerjasama dengan Alfamart. “Kami sangat terbantu apalagi di saat pandemic seperti ini dimana kami mengalami kesulitan dalam memasarkan produk lokal,” katanya.

Deputi Branch Manager Alfamart Cabang Cilacap, Ikhwan Ngabdi Raharjo juga mengucapkan terimakasih karena diberi kesempatan untuk memasarkan produk UMKM, meskipun saat ini baru 4 outlet diharapkan bisa terus bertambah.

“Dalam planning kami beserta tim, produk (UMKM) ini kita evaluasi 3 bulan ke depan, ketika bisa memenuhi persyaratan baik dari sisi hasil pemasaran dan sebagainya, maka kita akan main di seluruh outlet Purbalingga, ketika sudah cukup bagus maka diperluas ke area target kami di 400 outlet, bahkan nasional, ini bukan tidak mungkin, beberapa produk UMKM lokal daerah lain juga sudah ada yang go nasional,” katanya.

Reporter : Bambang

Editor : Tio

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.