2023 Tenaga Honorer Dihapus, Ajhustal : Nasib Guru Non PNS Kian Terjepit

Maluku Utara402 Dilihat

Medianasional.id

Maluku Utara – PAHLAWAN tanpa tanda jasa adalah gelar mulia yang disematkan pada guru. Guru yang mendidik dan mengajar generasi bangsa. Guru pula yang mempersiapkan penerus kepemimpinan bangsa. Betapa penting dan strategisnya peran guru bagi suatu Negara, Minggu (12/06/22)

ADVERTISEMENT

Ungkapan sederhana di atas tentu akan menjadi statemen paling keras atas kebijakan Pemerintah pusat melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) yang akan menghapus tenaga honorer pada semua instansi Pemerintahan. Tak terkecuali lembaga pendidikan, dalam hal ini Guru.

Tak hanya itu Guru atau tenaga pendidik, merupakan salah satu profesi yang mulia yang tidak pernah mendapatkan tempat layak di Negeri ini, mereka diperhadapkan kembali dengan dua pilihan, memilih bertahan pada tujuan pengabdiannya, atau mengikuti kehendak Pemerintah lewat kebijakannya.

Terkonfirmasi lewat Data Kemendikbud, di tahun 2020 terdapat 72.976 pensiunan guru. Dan hingga 2024 nanti prediksi kekurangan guru mencapai 1.312. 759 orang. Jumlah guru non-PNS di tahun 2020 mencapai 937. 228 orang, 728.461 di antaranya masih berstatus guru honorer sekolah.

Bila dibandingkan dengan data di atas, tentu kita akan membayangkan bagaimana nasib ratusan ribu guru honorer yang menghibahkan diri untuk mengabdi, dan memilih jalan ini sebagai wujud rasa cinta terhadap Negeri, tetapi harus berhenti di tengah jalan karena keterbatasan status yang melekat hanyalah seorang guru honorer/ non-PNS.

Upaya kebijakan Pemerintah lewat perekrutan sejuta guru melalui seleksi PPPK nampaknya tidak membuahkan hasil yang baik. Buktinya, untuk diangkat sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK), mau tidak mau guru honorer harus mengikuti setahap seleksi yang berakhir dengan drama tangis. Mengingat sejumlah guru honorer yang telah berusia sepuh dan minimnya pengetahuan teknologi harus mempertaruhkan nasib yang dihadapkan lewat serangkaian tes berbasis digital.

Guru juga merupakan sosok pendidik yang menentukan masa depan suatu Bangsa. Negara yang maju dan berkembang ditentukan oleh tingkat kecerdasan rakyatnya.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.