Marguna Disebut Lebih Realistis Untuk Kemajuan Samosir

761 views

Samosir, Medianasional.id – Pasangan Marguna (Marhuale Simbolon-Guntur Sinaga) disebut lebih realistis untuk memajukan dan mensejahterakan kehidupan warga Samosir yang mayoritas adalah petani. Minimnya perhatian pada sektor ini sebabkan kelangsungan bertani masih bergantung pada musim.

Demikian ungkapan tokoh masyarakat Simanindo, Op. Gevarel Ethan Tua Turnip kepada Mediansional.id dalam bincang sore Kamis, 22 Oktober di Desa Cinta Dame Raut Bosi.

“Iya menurut hemat saya, program yang diusung dan disampaikan pasangan Marguna memiliki maksud dan tujuan yang jelas untuk membawa perubahan hidup masyarakat Samosir ke arah kemajuan bidang pertanian. Sebab, nyatanya mayoritas penduduk Samosir adalah petani,” terang Op. Geveral.

Mantan Ketua Forum Komunikasi Tokoh Masyarakat (FKTM) Simanindo ini juga membeberkan alokasi anggaran yang akan digelontorkan Marguna untuk pertanian cukup bagus dari total APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) Samosir.

“Jika APBD kita berkisar 1 triliun pertahun, maka 30 persen akan dialokasikan untuk pertanian guna pemetaan kondisi tanah tiap desa, pengadaan bibit tanaman berkualitas, pembuatan kompos dan rumah kompos tiap desa, pengadaan air hingga alat pertanian moderen dan lainya yang bertujuan untuk menyokong serta meningkatkan hasil pertanian maupun kompetensi petani,” ungkapnya.

Mantan Kepala Desa yang terkenal tegas dan berani ini juga menjelaskan kelebihan pasangan Marguna, yang secara terbuka sudah membuat perencanaan teknis maupun alokasi anggaran biaya terperinci dalam tahapan yang jelas.

“Selain sektor pertanian, mereka pun memilki perencanaan dengan akurasi biaya untuk program pendidikan, kesehatan, dan sektor pariwisata,” pungkasnya.

Pertarungan meraih jabatan bupati dan wakil bupati Samosir masih dan akan terus berlanjut, hanya waktu yang akan menjawab segalanya. Diharapakan masyarakat tetap menjaga persatuan dan kesatuan meski berbeda pilihan.

Penulis: Rap Turnips

Editor : Drajat

DomaiNesia

Samosir

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.