Ajang Festival Pencak Silat, Kontingen Koramil 01/Subah Berhasil Sabet Juara I

148 views

Batang-medianasional.id
Kodim 0736/Batang menggelar kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan festival atau perlombaan pencak silat dengan tema ”Membentuk Sumber Daya Manusia yang Kreatif, Inovatif dan Adaktif”, bertempat di gedung pramuka Kauman , Kecamatan Batang. Jumat (23/10/20)

Pada kegiatan diikuti Dandim Batang Letkol Inf. Dwison Evianto diwakili Kepala Staf Mayor Kav. Haryono, Pasiter Kapten Inf. Winarno, Pengurus perguruan pencak silat Kabupaten Batang, Para atlit seni pencak silat yang di dampingi oleh anggota perwakilan dari Koramil jajaran.

Pada sambutannya Dandim Letkol Inf. Dwison Evianto melalui Kepala Staf Mayor Kav. Haryono, ” Bahwa melalui komsos kreatif ini pembinaan beladiri pencak silat tradisional sebagai salah satu wujud kepedulian dalam melestarikan budaya bangsa.

Kegiatan komsos kreatif ini dilaksanakan dengan pagelaran pencak silat dimaksudkan untuk mempererat hubungan TNI-AD dengan segenap komponen bangsa, terutama para insan pencak silat yang turut memelihara budaya luhur bangsa Indonesia. ” Terangnya

” Tradisi pencak silat mengajarkan kita untuk menjalin hubungan yang baik dengan Tuhan, sesama manusia dan lingkungan. Meskipun mengajarkan teknik menyerang, namun yang terpenting adalah mengajarkan kita untuk dapat menahan diri dan menjaga keharmonisan.”

Selanjutnya Mayor Kav. Haryono menjelaskan, ”Pencak silat dianggap memiliki seluruh elemen yang membentuk warisan budaya dan kita patut bangga dengan hal tersebut dan tentunya menambah kepercayaan dunia pada eksistensi pencak silat sebagai warisan budaya milik indonesia.

”Kita berharap pencak silat bisa menjadi cabang olahraga yang dipertandingkan dan menjadi salah satu cabang olahraga di Olimpiade”.

Bahwa selaku pribadi dan Komandan Kodim 0736/Batang mengajak segenap komponen masyarakat, terutama perguruan pencak silat di wilayah Kabupaten Batang sebagai generasi penerus bangsa, untuk menjaga merawat dan pelihara bangsa ini dari upaya upaya penghancuran dan rongrongan dari pihak pihak yang tidak bertanggung jawab.

”Negara Indonesia bukan milik perorangan dan golongan serta agama tertentu, melainkan milik kita bersama, sebagai generasi muda kita harus mampu mempersatukan bangsa Indonesia dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kokoh dan kuat. “Jelas Mayor Kav. Haryono

Sementara Ketua IPSI Batang mengucapkan syukur Alhamdulillah pada kesempatan ini kita dapat berkumpul, meskipun dalam suasana pandemi Covid-19, namun kegiatan ini tetap melaksanakan sesuai protokol kesehatan.

” Kami atas nama ketua IPSI Kabupaten Batang mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada Kodim 0736/Batang, kita dapat dikasih kesempatan untuk bertatap muka untuk meningkatkan kualitas kader melalui festival seni pencak silat.

Ia berharap, melalui festival ini dapat terjalin keakraban diantara kita, dapat saling menularkan ilmu dalam seni pencak silat, sehingga diantara kita tetap terjalin hubungan silaturrahmi, pada atlit yang telah mengikuti festival seni mudah mudahan tidak mungkin jadi juara tapi yang jadi juara adalah hal yang patut kita hargai. ” Harapnya

Pada hasil rekapitulasi penilaian Komsos Kreatif seni pencak silat antar Koramil dijajaran Kodim 0736/ Batang, adapun Juara harapan I dari kontingen Koramil 2/Limpung dengan jumlah nilai 295, Juara III dari kontingen Koramil 10/Batang dengan jumlah nilai 300, Juara II dari kontingen Koramil 4/Bawang dengan jumlah nilai 301.

Sementara Juara I diraih oleh Kontingen Koramil 01/Subah dengan total nilai 306. Kemudian dilanjutkan penyerahan hadiah oleh Kepala Staf , Pasiter dan Juri kepada para juara festival seni pencak silat. (Pen-dim0736) # Sio

DomaiNesia

Ajang Festival Pencak Silat Kontingen Koramil 01/Subah Berhasil Sabet Juara I

Penulis: 
author

Posting Terkait

banner 468x60)

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.