LKPD Tidak Sesuai Rincian, LSM Kalesang Institut Bakal Lapor 11 SKPD di Kejati Malut

161 views

Direktur LSM Kalesang Institut, Naim T Umar

Ternate, medianasional.id – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Kalesang Institut bakal melaporkan ke Kejaksaan Tinggi Negeri (Kejati) Provinsi Maluku Utara atas dugaan laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) di tubuh Pemerintah Provinsi Maluku Utara Tahun 2019, Diantaranya ada 11 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang tidak sesuai dengan rincian perjalanan dinas dalam melaksanakan tugas.

Direktur Utama LSM Kalesang Institut Provinsi Maluku Utara, Naim T Umar kepada media ini, ia menyampaikan bahwa laporan perjalanan dinas di tubuh pemerintahan itu, sudah seharusnya Kejati Provinsi Maluku Utara memanggil dan memeriksa rincian tersebut yang diduga tidak sesuai, Minggu (20/10/2020).

Tak hanya itu, Kempo sapaan akrabnya Naim T Umar itu membeberkan terkaid dengan temuan Keuangan perjalanan dinas, dari 11 SKPD tersebut Diantaranya Sekretariat Daerah Biro Pemerintahan, Dinas Kesehatan, Dinas PUPR, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan 6 Dinas lainnya yang akan dilaporkan nanti.

Dari laporan ini, ia menduga bahwa rician perjalanan Dinas tidak sesuai kondisi sebenarnya data yang di kantongi. Dimana nilai temuan sebelum Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) terbit, yakni tidak sesuai kondisi sebenarnya dengan nominal sebesar Rp 924.298.570, dan Honorarium narasumber melebihi standar biaya Rp 23.477.500, Namun di setor Rp 397.253.502 sehingga nilai temuan LKPD tahun 2019 sebesar Rp 550.522.568,00.

“ Seharusnya dalam sistem pengelolahan anggaran harus profesional, tranparansi dan tidak menyimpang agar tidak merugiakan daerah dan negara,” pungkasnya.

Untuk itu dikatakan dalam waktu dekat, pihaknya secara kelembagaan akan melaporkan dengan resmi dugaan tersebut ke Kejati Maluku Utara. (Red)

DomaiNesia

Kota Ternate LKPD Tidak Sesuai Rincian LSM Kalesang Institut Bakal Lapor 11 SKPD di Kejati Malut Maluku utara

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.