Nelayan di Mukomuko Dapat Bantuan Program Stimulan KKP

124 views

Tim KKP verifikasi Kube dan koperasi calon penerima bantuan stimulan perikanan tangkap.

Mukomuko, Medianasional.id– Tahun 2020 ini, Kabupaten Mukomuko mendapatkan bantuan program stimulan perikanan tangkap dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI. Jenis bantuan tersebut di antaranya jaring dengan ukuran 5 inci, pancing ulur atau handline, bubu lipat rajungan tipe kotak, dan pancing rawai.

“Untuk jumlah bantuan jaring 5 inci sebanyak 40 pcs, bubu lipat rajungan sebanyak 10 buah, pancing ulur sebanyak 4 buah, dan pancing rawai (100 mata pancing) sebanyak 4 buah. Bantuan ini dari kementerian dan diserahkan langsung kepada nelayan yang tergabung dalam kelompok dan koperasi. Kemungkinan besar bantuan ini bakal disalurkan bulan depan,” ungkap Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko, Eddy Aprianto, SP, M.SI, melalui Kabid Perikanan Tangkap, Nasyyardi, S.Pi.

Adapun sasaran bantuan program stimulan perikanan tangkap dari kementerian, yaitu untuk 58 kelompok usaha bersama (KUBE) perikanan dan sebanyak 5 koperasi yang bergerak di bidang perikanan. Bahkan
beberapa hari yang lalu, tim dari KKP sudah ke Kabupaten Mukomuko untuk melakukan verifikasi KUBE dan koperasi calon penerima bantuan.

“Selama verifikasi berlangsung, tidak ada masalah. Dan seluruh persyaratan KUBE dan koperasi sudah lengkap. Baik itu syarat terkait anggota KUBE nelayan yang sudah memiliki kartu kusuka, memiliki perahu, dan beberapa syarat lainnya. Intinya sekarang ini 58 KUBE dan 5 koperasi hanya tinggal menunggu penyaluran bantuan dari kementerian. Mudah – mudahan saja bantuan itu cepat diterima oleh nelayan,” pungkasnya. (Wanti)

DomaiNesia

Mukomuko

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.