Komitmen Pelayanan Prima, KPKNL Ternate Gagas Minilab Zona Integritas dan Kantor Virtual

Maluku Utara102 Dilihat
Foto istimewah

Medianasional.id

Ternate,– Dalam rangka untuk memberikan pelayanan prima kepada para pengguna layanan, KPKNL Ternate selalu mencoba menghasilkan inovasi-inovasi yang dapat membantu pemberian layanan.

Olehnya itu, KPKNL Ternate kembali menghadirkan inovasi dalam bentuk Minilab Zona Integritas dan KPKNL Ternate Virtual. Peresmian kedua inovasi tersebut dilakukan di KPKNL Ternate dengan disaksikan oleh Kepala Kantor Wilayah DJKN Sulawesi Utara, Tengah, Gorontalo, dan Maluku Utara (Kanwil DJKN Suluttenggomalut), Aloysius Yanis Dhaniarto, dan Kepala Perwakilan Ombudsman Maluku Utara, Sofyan Ali.

Kepala KPKNL Ternate, Arif Setyawantika mengatakan, Minilab Zona Integritas pada KPKNL Ternate ini dimaksudkan sebagai sarana yang digunakan dalam pemberian asistensi kepada instansi pemerintah untuk pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

“Sebagai satuan kerja yang telah memperoleh predikat WBK di tahun 2020, KPKNL Ternate memiliki tanggung jawab untuk dapat menularkan semangat pembangunan Zona Integritas bagi satuan kerja lainnya.,” Katanya.

Lanjut dia, Minilab Zona Integritas merupakan salah satu media yang digunakan oleh KPKNL Ternate dalam membantu satuan kerja lain untuk mempersiapkan diri dalam pembangunan Zona Integritas. Dimana Asistensi yang diberikan dapat berupa pemberian informasi terkait aspek teknis maupun berbagi pengalaman dalam pembangunan Zona Integritas.

Ditambahkan Arif bahwa, dalam memasuki revolusi industri 4.0 ini, instansi pemerintah juga sangat diharapkan agar dapat memanfaatkan perkembangan teknologi dalam mendukung pemberian layanan kepada seluruh pemangku kepentingan. Untuk itu, KPKNL Ternate meluncurkan KPKNL Ternate Virtual yang merupakan pemberian layanan secara virtual kepada pengguna layanan. Dimana Implementasi KPKNL Ternate Virtual dilakukan dengan berbasis video conference, sehingga para pengguna layanan dapat berinteraksi dengan para pegawai KPKNL Ternate, khususnya petugas Area Pelayanan Terpadu (APT), dan mendapatkan pelayanan yang diinginkan. Inovasi ini juga sangat membantu para pengguna layanan terutama di tengah pandemi Covid-19, agar dapat mengurangi kontak fisik dengan para petugas di KPKNL Ternate. Dengan dibatasinya kontak fisik, resiko penyebaran dan penularan penyakit dapat dikurangi, sehingga pemberian layanan dapat dilakukan dengan lebih aman.

Kepala Perwakilan Ombudsman Maluku Utara, Sofyan Ali, juga menuturkan bahwa pihaknya sangat mendukung lahirnya inovasi-inovasi untuk pelayanan publik di KPKNL Ternate dan menilai bahwa inovasi-inovasi yang dihasilkan oleh KPKNL Ternate akan sangat bermanfaat bagi pelayanan.

“Adanya inovasi tersebut semoga lebih bisa memotivasi dan mendorong seluruh karyawan di KPKNL Ternate untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” pungkasnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.