Babinsa Hadiri Sosialisasi Vaksin Covid-19

84 views

Purbalingga, medianasional.id – Babinsa Koramil 04/Kutasari Serda Moh Isnaeni menghadiri kegiatan Sosialisasi Vaksin Covid-19 oleh Puskesmas Bojongsari kepada kader kesehatan Desa Bojongsari sebanyak 30 orang. Kegiatan bertempat di Aula Desa Bojongsari, Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga, (07/01/2021).

Memberikan sosialisasi kepada masyarakat perlu dilakukan terutama sosialisasi tentang Vaksin Covid-19 dengan tujuan agar masyarakat tidak takut karena mendengar isu berita yang tidak benar tentang vaksin ini. Sosisalisasi yang diberikan oleh dr. Rengganis Sekar Langit dari Puskesmas Bojongsari kepada kader kesehatan dan disebarluaskan kemasyarakat sehingga dapat memberi pengertian dan penjelasan tentang Vaksin Covid-19 ini.

”Salah satu bentuk imunisasi adalah dengan pemberian vaksin. Vaksin merupakan suatu antigen atau benda asing yang dimasukkan ke dalam tubuh untuk menghasilkan reaksi kekebalan tubuh terhadap penyakit tertentu,” katanya.

“Vaksin biasanya berisi mikroorganisme, misalnya virus atau bakteri, yang sudah mati atau masih hidup tetapi dilemahkan. Vaksin juga bisa berisi bagian dari mikroorganisme yang bisa merangsang sistem kekebalan tubuh untuk mengenali mikroorganisme tersebut,” jelasnya.

Lebih lanjut dr. Rengganis mengatakan sebelumnya pihaknya juga mengikuti sosialisasi dari pusat. Salah satu yang disampaikan adalah bagaimana proses pelaksanaan vaksin Covid-19.

“Bila diberikan kepada seseorang, vaksin akan menimbulkan reaksi sistem imun yang spesifik dan aktif terhadap penyakit tertentu, misalnya vaksin flu untuk mencegah penyakit flu dan vaksin Covid-19 untuk mencegah infeksi Virus Covid-19. Biasanya, vaksin dimasukkan ke dalam tubuh manusia dengan cara disuntik,” pungkasnya.

Di tempat yang sama Babinsa Serda Moh Isnaeni, kehadiranya dalam kegiatan ini adalah dalam rangka mendampingi dan memberikan rasa aman terhadap pelaksanaan sosialisasi tentang Covid-19 ini.

“Sebagai seorang Babinsa ini sudah menjadi kewajiban untuk selalu hadir disetiap kegiatan desa dan tentunya memberikan rasa aman kepada warga binaan. Saya turut mengimbau kepada masyarakat jangan takut untuk divaksin, karena ini dilakukan di seluruh Indonesia, jadi sudah teruji keamananya,” katanya.

Reporter : Bambang

Editor : Tyo

DomaiNesia

Purbalingga

Penulis: 
author

Posting Terkait

banner 468x60)

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.