Purbalingga Masuk Zona Merah, Berbagai Upaya Getol Dilancarkan

279 views

Purbalingga, medianasional.id -Adanya peningkatan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Purbalingga menjadikan Kabupaten Purbalingga saat ini masuk kategori zona merah.

Seperti diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga drg. Hanung Wikantono pada Selasa (3/11/2020), “total warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 ada 381 orang dan pasien sembuh sebanyak 287 orang.
Dari acuan data tersebut, Pemprov Jateng meningkatkan status Kabupaten Purbalingga dinaikkan statusnya menjadi zona merah dimana sebelumnya adalah zona orange,” paparnya.

Ditambahkan drg. Hanung, “di Jawa Tengah Purbalingga menempati urutan ke-5 dimana Magelang, Wonosobo, Karanganyar dan pemalang ada diurutan atasnya. Sedangkan Pekalongan, Kendal, Banjarnegara, Batang dan Pati ada diurutan bawahnya,” tambahnya.

Fenomena yang ada ini membuat Pemerintah Kabupaten Purbalingga melalui berbagai unsur yang ada dalam Gugus Tugas Penanganan Covid-19 lebih getol meningkatkan aksinya.

Seperti melaksanakan tes Swab secara masal dengan target perminggunya 943 orang, dimana sesuai data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga dalam sepekan terakhir telah tercatat 1.276 orang yang telah dites Swab. Selain tes Swab, upaya lain yang dilaksanakan adalah dengan menggetolkan Operasi Yustisi Penertiban Pelaksanaan Protokol Kesehatan khususnya pemakaian masker sampai di tingkat paling bawah yaitu desa, seperti yang dilaksanakan oleh Gugus Tugas Covid -19 Kecamatan Padamara yang terdiri dari Posramil Padamara, Polsek Padamara, Kecamatan Padamara, Puskesmas Padamara dan Perangkat Desa Mipiran dengan mengambil sasaran di jalan utama Desa Mipiran, (3/11/2020).

Diungkapkan oleh Peltu Yamroni selaku Kaposramil Padamara yang turut dalam operasi ini,” kegiatan ini aktif kami laksanakan secara terpadu, sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Seperti kita ketahui bersama bahwa Kabupaten Purbalingga saat ini berada di zona merah, karenanya berbagai upaya maksimal kita upayakan untuk menyadarkan pentingnya pelaksaan protokol kesehatan diri agar Covid-19 dapat ditekan penyebarannya,” terangnya.

Reporter : Bambang

Editor : Drajat

DomaiNesia

Purbalingga

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.