Musker PMI Diharapkan Rancang Kisi-Kisi Program Kerja 2021

79 views

Purbalingga, medianasional.id – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Purbalingga menyelenggarakan Musyawarah Kerja (musker) di Pendopo Dipokusumo, Kamis (19/11). Kegiatan ini dibuka oleh Pjs Bupati Purbalingga Sarwa Pramana, SH, M.Si dan dihadiri Plt Ketua PMI Kabupaten Purbalingga, drg. Hanung Wikantono MPPM.

Saat membuka acara itu, Pjs Bupati Sarwa Pramana meminta jajaran pengurus PMI Kabupaten Purbalingga memanfaatkan sisa waktu di akhir tahun untuk mempertanggungjawabkan program-program kerja yang telah dijalankan sekaligus menyusun program kerja tidak hanya untuk 2020 namun juga kisi-kisi program kerja tahun 2021.

“Saya berharap, PMI tidak hanya menyusun program kerja 2020 namun sekaligus menyusun kisi-kisi program kerja tahun 2021 yang implementatif sehingga dapat segera diaplikasikan pada Januari mendatang. Karena belum diketahui kapan pandemi akan berakhir, penyusunan program kerja harus tetap mengacu kaidah protokol kesehatan,” katanya.

Pada kesempatan itu, Sarwa Pramana menyampaikan penghargaan kepada PMI yang telah membantu masyarakat terdampak bencana alam di musim penghujan ini. Sarwa Pramana juga mengapresiasi PMI yang pada masa pandemi ini terus membantu masyarakat dalam penanganan covid-19 seperti penyemprotan disinfektan, sterilisasi, membagikan masker, dan membantu proses pemakaman korban covid-19.

“Kita tetap mengupayakan tracking setidaknya 943 swab test dalam seminggu sesuai standar WHO dengan harapan setelah ini tidak ada lagi  masyarakat           Purbalingga yang terpapar covid-19. Untuk menampung pasien covid yang semakin banyak juga telah diambil kebijakan semua Puskesmas untuk rawat inap covid-19, termasuk gedung KORPRI,” ungkapnya.

Ia meminta hasil penggalangan bulan dana PMI dikembalikan seluruhnya kepada masyarakat melalui program-program yang ada seperti program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Diharapkan program RLTH yang sudah diadakan satu bulan sekali ini dapat ditambah lagi jumlahnya.

Selain itu, Sarwa Pramana meminta pengurus kecamatan segera membentuk SIBAT (Relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat). Pembentukan SIBAT ini dilakukan agar penanganan bencana lebih cepat dilakukan. “Sibat menjadi representasi PMI di tiap desa, sehingga ketika terjadi bencana, negera lebih cepat hadir ditengah masyarakat,” katanya.

Sementara itu Plt Ketua PMI Kabupaten Purbalingga, drg. Hanung Wikantono MPPM melaporkan program kerja PMI tahun 2019. Sejumlah program kerja PMI baik yang bersifat lokal, regional dan nasional telah dilaksanakan. Seperti mengikuti Munas PMI, rakor PMI, konferensi remaja PMI, dan Jumpa Bhakti Gembira (Jumbara). Selain itu, PMI juga melaksanakan program pembangunan desa sejahtera, mengikuti rapat pengurus secara periodik dan pembinaan terhadap karyawan baik di markas, klinik, Unit Donor Darah (UDD) PMI, Unit PMR Madya, dan berpartipasi dalam setiap acara kabupaten, provinsi, maupun nasional.

Dalam hal pengembangan masyarakat, PMI melakukan koordinasi dan komunikasi dengan dinas terkait penanganan kebencanaan, memberikan bantuan yang terdampak bencana yang disalurkan melalui kecamatan maupun kabupaten.

“PMI juga membantu pemerintah dalam menyalurkan bantuan melalui program RTLH pada 15 rumah dengan bantuan uang sebesar Rp 12 juta, juga bantuan air bersih sebanyak 731 tanki air bagi 173.898 KK di 34 desa 10 kecamatan dari Bulan Juni sampai Bulan September,” ungkapnya.

Dalam pengembangan sosial dan kesehatan, PMI Purbalingga tahun lalu telah melaksanakan Pelayanan Pertolongan Pertama di hari-hari besar nasional, agama, dan pertandingan olah raga yang diadakan pemerintah maupun swasta. Selain itu juga menyediakan Pos Pertolongan Pertama di daerah rawan kecelakaan selama musim mudik lebaran dan pos-pos penanganan covid-19 serta turun langsung dalam pemakanan jenazah terkonfirmasi covid-19.

Dalam menghadapi pandemi ini, Hanung Wikantono mengajak masyarakat untuk tidak panik dan tetap melakukan 3M yakni mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

Reporter : Bambang

Editor : Tyo

 

DomaiNesia

Purbalingga

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.