Jumlah Tempat Tidur yang Dimiliki Rumah Sakit di Purbalingga Masih Kurang

94 views

Purbalingga, medianasional.id – Jumlah bed atau kapasitas tempat tidur yang dimiliki oleh rumahsakit-rumahsakit di Kabupaten Purbalingga masih kurang. Sesuai standar World Health Organization (WHO), idealnya ketersediaan bed/tempat tidur 1/1000 penduduk. Dari jumlah tempat tidur di rumahsakit pemerintah maupun rumah sakit swasta di Purbalingga, baru tersedia 660 bed. Jika jumlah penduduk Kabupaten Purbalingga hampir satu juta, maka idelnya harus ada 1000 bed.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BECon MM saat meresmikan beroperasinya Rumah Sakit Islam (RSI) At-Tin Husada di Kalimanah Senin (14/9) berharap, dengan diresmikannya RSI At-Tin Husada akan mengurangi kekurangan bed rumahsakit di Purbalingga.

“Kalau kita melihat ketentuan WHO jumlah penduduk Purbalingga saat ini hampir 1 juta orang, maka ketersediaan bed idelnya adalah 1000 bed. Namun kenyataannya jumlah bed seluruh rumahsakit negeri maupun swasta baru 660 bed,” jelas Bupati Tiwi.

Diharapkan ke depan RSI At-Tin Husada dapat bersinergi untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kabupaten Purbalingga dan dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat Kabupaten Purbalingga dalam meningkatkan derajat kesehatan. Pasalnya pemkab Purbalingga saat ini terus berupaya meningkatkan Indek Pembangunan Manusia (IPM), salah satu indikatornya adalah kesehatan.

“Saya yakin apapun visi-misi kita itu sama, bagaimana kita bisa  menolong masyarakat Purbalingga yang sedang sakit, bagaimana kita bisa memberikan pelayanan kesehatan yang baik kepada seluruh warga masyarakat Purbalingga.” katanya.

Pemilik RSI At-Tin Husada Purbalingga Hj Sri Yatin SE saat mendampingi bupati Tiwi meninjau ruang inap menjelaskan, rumahsakit At-Tin Husada akan memberikan pelayanan IGD 24 jam. Saat ini memiliki ruang  rawat inap dengan kapasitas 110 bed dengan kelas pelayanan VVIP, VIP, kelas 1,2 dan kelas 3. Jumlah karyawan sebanyak 200 orang, 11 dokter specialis dan 9 dokter umum.

Kelengkapan sebagai rumah sakit tipe C sudah disediakan oleh rumah sakit yang berlokasi di Jalan Mayjend Sungkono masuk Desa Selabaya Kecamatan Kalimanah, seperti kelengkapan ruang IGD, ruang operasi serta peralatan medis.

“Kami sudah ada kamar isolasi, kamar operasi, ICU, HCU, radiologi  serta alat  CT Scan dengan 23 slide yang akan terus di up grade. Kedepan dilengkapi untuk pelayanan cuci darah atau Hemodialisa  (HD).” ungkap Atin.

Rumash sakit yang mengutamakan keramahan ini akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat Purbalingga melalui bakti sosial. Keunggulan RSI At-Tin Husada ada pada pintu depan yakni pelayanan IGD yang langsung menangani pasien tanpa harus mengurus administrasi terlebih daluhu. “Keunggulan RSI At-Tin Husada  ada di IGD, karena IGD adalah pelayanan darurat, kami mengutamakan penanganan pasien terlebih dahulu sebagaimana moto kami, Pelayanan Islami, Profesional dengan hati.” tambahnya.

Reporter : Bambang

Editor : Tyo

DomaiNesia

Purbalingga

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.