Inovasi Baru Sekdes Wayamiga, Ciptakan Pelayanan Publik Melalui Aplikasi Portal Desa Digital 

849 views

Sekdes pada saat diminta penjelasan kegunaan aplikasi PDD oleh Masyarakat (Foto istimewa As)

Labuha, medianasional.id – Sekertaris Desa (Sekdes) Wayamiga Kecamatan Bacan Timur tercatat berhasil menggunakan Aplikasi Portal Desa Digital (PPD) Berbasis Sistem Informasi pelayanan publik untuk masyarakat desa-nya di Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara.

Desa Wayamiga dimekarkan pada Tahun 2006 itu, Sekdes atas nama Suhedi diangkat menjadi Sekertaris Desa mulai Tahun 2008 hingga masuk 2020, yang tentunya sudah memasuki 13 Tahun telah mengabdi sebagai Sekdes. Dimana salah satu Desa yang terdapat di Provinsi Maluku Utara yang berhasil dalam memberikan pelayanan melalui inovasi dan kreatifitas dengan menggunakan Aplikasi Portal Desa Digital yang dikembangkan langsung oleh Suhedi.

Kepada media ini, Ia mengatakan aplikasi ini sangat mudah dipraktekan untuk pelayanan publik masyarakat baik akses informasi, Administrasi, profil desa, sejarah Desa, penataan Administrasi dan menyimpan dokumen dengan mudah bahkan masih banyak kelebihan lainnya.

“Saya telah mengoperasikan Aplikasi Portal Desa Digital dari tahun 2019 awal hingga masuk 2020, bahkan pernah mengajak kepada Desa tetangga yang berada di kota Labuha untuk memanfatkan perkembangan teknologi dengan berinovasi mengembangkan kemajuan Administrasi lewat Aplikasi Portal Desa digtal untuk mempermudah masyarakat,” Ungkapnya.

Sejauh ini, dia telah memperkenalkan PDD kepada Desa tetangga untuk membuka diri dan saling kerja sama berbagi demi kemajuan bersama, bahkan pernah menawarkan kepada pemda untuk sama-sama memperkenalkan kepada seluruh Desa yang menjangkau akses internet, dan bahkan ada aplikasi yang memudahkan desa gunakan Aplikasi ini tanpa internet cukup gunakan Aplikasi server untuk mengoperasikan pada saat audit data dan arsip dokumen.

“Pernah terpikir punya inisiatif melaksanakan Louncing Aplikasi Portal Desa Digital ini kepada Desa dan masyarakat luas (publik) agar lebih memahami cara menggunakan Aplikasi ini, namun dengan keterbatasan dana maka saya hanya bisa memperkenalkan kepada Desa tetangga untuk mau bergabung dan kelolah Aplikasi Portal Desa Digital, berbasis web dan informasi,” Ucap Suhedi.

Selain itu, ia juga berharap kepada Pemda Halsel dan Kominfo untuk memberikan suport dukungan dan kerja sama dalam memperkenalkan Aplikasi Portal Desa Digital terhadap Desa dan masyarakat Halsel untuk lebih praktis dalam pelayanan.

Sementara sejumlah masyarakat sangat mengapresiasi atas inovasi sekdes dalam mempermudah pelayanan di maayarakat melalui aplikasi portal digital. Sehingga masyarakat dengan mudah meng-update informasi dan pelayanan administrasi di desa Wayamiga.

Diketahui, aplikasi pernah ada upaya dari Suhedi untuk menawarkan kepada staf desa tetangga Kecamatan Bacan Timur untuk diberikan kesediaan waktu agar berbagi tanpa pungutan biaya. (As)

DomaiNesia

Halmaher Selatan

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.