Dinkes Lakukan Vaksinasi Lansia Dengan Sistem Drive Thru

136 views

Tulungagung, Medianasional.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tulungagung melaksanakan Vaksinasi kepada warga lanjut usia (lansia) tahap pertama dengan sistem Drive thru atau layanan tanpa turun (lantatur).

Vaksinasi sistem Drive thru ini di dasari dengan adanya arahan dari kementerian kesehatan (Kemenkes) yang difokuskan untuk warga lansia, saat mendapat pelayanan tidak usah turun dari kendaraan.
Kegiatan ini di laksanakan di Gedung Olah Raga (GOR) Lembu Peteng Tulungagung, Kamis (29/04/2021).

Ada sebanyak 300 dosis vaksin yang disediakan untuk melayani vaksinasi lansia tahap pertama tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Tulungagung, Kasil Rokhmat melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Didik Eka saat di konfirmasi wartawan mengatakan vaksinasi sistem drive thru tersebut sesuai dengan arahan Kemenkes, yang vaksinasi nya difokuskan untuk warga lansia.

“Hari ini kurang lebihnya kita melayani vaksinasi sistem drive thru kepada ratusan warga yang usianya 60 tahun ke atas,” kata, Didik Eka.

Didik juga menambahkan untuk mereka para lansia tidak perlu turun dari kendaraan, selanjutnya petugas akan memeriksa kondisi tubuhnya untuk kemudian diberikan vaksin Covid – 19.

“Kita lakukan vaksinasi kepada lansia di saat menjelang lebaran ini dengan tujuan di antaranya untuk mempersiapkan mereka nanti saat dikunjungi keluarganya, sebisa mungkin untuk meminimalkan adanya potensi penyebaran Covid – 19,” terangnya.

Lanjut Didik, selain itu vaksinasi sistem drive thru sebagai upaya mempercepat cakupan vaksinasi lansia di Tulungagung. Karena dengan di adakannya vaksinasi di Balai Desa, kemungkinan ada lansia yang tidak hadir bisa diminimalkan.

“Dan untuk upaya mempercepat pencangkupan /pemenuhan vaksinasi lansia yang ada di Tulungagung”, imbuhnya.

Didik juga berharap dengan penambahan warga lansia yang mendapatkan vaksin bisa meminimalisir potensi adanya penyebaran Covid -19 di Kabupaten Tulungagung.

“Dengan harapan adanya upaya kami jemput bola untuk lansia yang tidak bisa hadir di vaksinasi ke faskes,dengan cara ini bisa meminimalisir penyebaran Covid-19 di Tulungagung,” harapnya.

Reporter: Arsoni

Tulungagung

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.