Pelangi Sehabis Hujan Ppg Daljab 2020

527 views

Seperti pelangi sehabis hujan kata inilah yang selalu tertanam dihati dan benak saya agar selalu melangkah dengan semangat. Sehabis hujan akan selalu muncul pelangi yang sangat indah. Dua tahun lalu setelah pengangkatan kanker tiroid stadium 3b yang menyebabkan suara hilang, sempat membuat putus asa dan ingin berhenti sebagai pendidik. Namun sebelum terjadi Tuhan beri kebahagiaan lulus UKG untuk mengikuti PPG Daljab. Meskipun pada saat itu cita cita belum terwujud karena hanya seorang guru honor sekolah yang tidak memenuhi persyaratan untuk mengikuti PPG, sedih namun hidup terus berjalan.
Sungguh ajaib suara saya yang sempat divonis hilang dan tak akan kembali, ternyata pulih meski tak seperti sediakala. Pelangi yang sangat indah, setelah dua tahun menanti akhirnya ada panggilan untuk mengikuti PPG Daljab. Keajaiban dari Tuhan luar biasa, setelah suara pulih ditambah lagi dengan panggilan mengikuti PPG. Saat ini saya sudah hampir lebih kurang 4 bulan bersama teman seperjuangan yang berasal dari seantero Nusantara mengikuti PPG Daljab tahun 2020 angkatan pertama yang pelaksanaannya seratus persen Daring. Banyak kenangan, kebahagiaan dan kesedihan yang mengiringi perjalanan PPG Daljab ini, terutama ketika dinyatakan positif covid jiwa ini sudah ingin menyerah namun rekan seperjuangan dan para dosenlah yang membangkitkan semangat untuk tidak menyerah. Hal ini akan teringat seumur hidup saling menopang dan menguatkan meskipun tidak pernah bertemu.
Didalam PPG banyak ilmu yang saya dapatkan, dari 10 modul yang sudah dipelajari pada modul 2 Peran Guru Dalam pembelajaran Abad 21 tepatnya pada Kegiatan belajar 1, ada hal yang baru saya ketahui mengenai unsur kebaharuan dalam pembelajaran abad 21 yaitu TPACK dan sangat berkaitan dengan pembelajaran inovatif .
Pembelajaran inovatif dimaknai sebagai aktivitas persiapan pembelajaran yang menerapkan usur-unsur pembelajaran terbaru diabad 21 yang akan dilaksanakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Unsur pembelajaran yang terbaru yang dimaksud antara lain TPACK (Technological, Pedagogical, Content Knowledge) sebagai kerangka dasar integrasi tekhnologi dalam proses pembelajaran, pembelajaran berbasis neuroscience, pendekatan pembelajaran STEAM (Science, Technological, Engineering, Arts and Mathematics), HOTS (Higher, Order Thingking Skills), tuntutan kompetensi abad 21 atau 4C (Comunication, Collaboration, Critical Thingking, Creativity). (modul PPG pedagogi 4, Perancangan Pembelajaran inovatif KB 1 hal. 8). Dalam modul PPG pedagogi 2, Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21 (hal. 25-26) dikatakan TPACK merupakan kerangka pengintegrasian teknologi ke dalam proses pembelajaran yang melibatkan paket-paket pengatahuan tentang teknologi, materi, dan proses atau strategi pembelajaran. Konsep TPACK melibatkan 7 domain pengetahuan dikarenakan ada irisan atau sintesa baru, yaitu;
Pengetahuan materi (content knowledge/CK) yaitu penguasaan bidang studi atau materi pembelajaran.
Pengetahuan pedagogis (pedagogical knowledge/PK) yaitu pengetahuan tentang proses dan strategi pembelajaran.
Pengetahuan teknologi (technological knowledge/TK) yaitu pengetahuan bagaiamana menggunakan teknologi digital.
Pengetahuan pedagogi dan materi (pedagogical content knowledge/PCK) yaitu gabungan pengetahuan tentang bidang studi atau materi pembelajaran dengan proses dan strategi pembelajaran.
Pengetahuan tekhnologi dan materi (technological content knowledge/TCK) yaitu pengetahuan tentang teknologi digital dan pengetahuan bidang studi atau materi pembelajaran.
Pengetahuan tentang teknologi dan pedagogi (technological paedagogical knowledge/TPK) yaitu pengetahuan tentang teknologi digital dan pengetahuan mengenai proses dan strategi pembelajaran.
Pengetahuan tentang teknologi, pedagogi, dan materi (technological, pedagogical, content knowledge/TPCK) yaitu pengetahuan tentang teknologi digital, pengetahuan tentang proses dan strategi pembelajaran, pengetahuan tentang bidang studi atau materi pembelajaran.
Dalam kegiatan PPG ini saya belajar bagaimana mengintegrasikan unsur TPACK didalam pembelajaran terutama pembelajaran daring yang berlangsung saat ini akibat pandemic virus korona. Semoga nantinya saya tetap dapat melaksanakan didalam pembelajaran di kelas disekolah tempat saya mengajar. Melewati dan lulus UKMPPG dengan niliai yang memuaskan adalah pelangi berikutnya yang saya nantikan. Salam sehat untuk kita semua. Penulis,
Betty Susy Lauren, S.Pd

DomaiNesia

Bungo

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.