Pandemi Tidak Berpengaruh Terhadap Penerimaan PBB

72 views

Kebumen, medianasional.id – Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih mengapresiasi kesadaran masyarakat membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) meski di tengah pandemi Covid-19. Bahkan penerimaan PBB tahun 2020 meningkat dibanding tahun sebelumnya, dari Rp 48,2 miliar di tahun 2019 menjadi Rp 48,4 miliar.

Apresiasi diberikan saat membuka Gebyar Pembayaran PBB Tahun 2021 yang berlangsung di Gedung F Kompleks Setda Kebumen, Rabu (07/04/2021). “Kita patut berbangga dengan peran serta dan kesadaran masyarakat dalam membayar PBB yang setiap tahunnya meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan capaian penerimaan PBB dalam 3 tahun terakhir, yakni pada tahun 2018 sebesar Rp 42,2 miliar, tahun 2019 sebesar Rp 48,2 miliar, dan tahun 2020 mencapai Rp 48,4 miliar,” papar Ristawati.

Harapannya, kegiatan ini akan semakin meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berkontribusi terhadap pembangunan melalui kepatuhan membayar PBB di awal waktu. Realisasi penerimaan PBB tahun berikutnya juga diharapkan semakin meningkat dengan meningkatkan pelayanan, intensifikasi, dan ekstensifikasi.

Plt Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Kebumen, Yohanita Rini Kristiani, optimis realisasi penerimaan PBB dan pajak daerah yang lain di tahun 2021, bisa lebih besar dibanding tahun 2020. Rini optimis karena yakin program vaksinasi Covid-19 akan mendorong pemulihan ekonomi.

“Pandemi Covid-19 memang tidak berpengaruh terhadap penerimaan PBB. Bahkan realisasi lebih besar. Namun penerimaan dari pajak daerah yang lain, seperti pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, dan pajak reklame, mengalami penurunan dibanding tahun 2019,” jelas Rini.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan hadiah pemacu PBB tahun 2020 pada Kecamatan Klirong, Buayan dan Mirit, serta hadiah pemacu PBB untuk Kelurahan Plarangan Karanganyar, dan Desa Kawedusan Kebumen. Selain itu dilakukan pengundian hadiah Gebyar PBB tahun 2021 untuk wajib pajak yang lunas sebelum tanggal 31 maret 2021.

 

Reporter : Tyo

Editor : Drajat

Kebumen

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.