MDMC Brebes Ikuti Latihan Gabungan Penanggulangan Bencana Alam

155 views

Brebes, medianasional.id | Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Brebes mengikuti puncak Latihan Gabungan Penanggulangan Bencana Alam (Latgab Gulbencal) erupsi Gunung Slamet di Desa Dawuhan, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, adalah simulasi proses evakuasi warga masyarakat setempat.

Para pelaku latihan yang meliputi personel TNI gabungan, Polri, BPBD, Tim SAR, PMI, Dinkes, Banser, Kokam, RAPI, ORARI, Pemuda Pancasila, Linmas, LSM, dan Pramuka Saka Wira Kartika Koramil 08 Bumiayu, dengan semangat mengevakuasi korban dan warga Dukuh Cilik, Desa Dawuhan, menuju tenda-tenda pleton yang didirikan di Lapangan Desa Dawuhan, sebagai titik pengungsian terdekat. Kamis (5/11/2020).

Pimpinan Daerah Muhammadiyah Brebes melalui H. Khaerudin selaku sekretaris mengatakan bahwa Muhammadiyah sangat mendukung dalam pelatihan Penanggulangan Bencana Alam yang telah dibuka oleh Komandan Korem 071 Wijayakusuma Kolonel Infanteri Dwi Lagan Syafrudin (03/11) di lapangan Desa Dawuhan.

“Ini merupakan kewajiban insan sosial yang peduli dengan masyarakat dan alam, serta ini merupakan kesempatan bagi Muhammadiyah untuk berkontribusi bersama TNI dalam menanggulangi setiap bencana, pelatihan ini sangat bermanfaat untuk generasi Muhammadiyah di Kabupaten Brebes”. Imbuhnya.

Sementara Sekjen MDMC Kabupaten Brebes dan juga merangkap Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Brebes, Abdul Mu’min (31) asal Dukuh Guci RT 06 RW 04 Desa Dawuhan Kecamatan Sirampog sebagai menjelaskan dalam rinciannya sekitar ada 154 personel mengikuti latihan tersebut diantaranya Pengurus MDMC 15 orang, Kokam 35 orang, Lazismu 4 orang, Mapala STIMIK Muhammadiyah Paguyangan 12 orang, Hawai SMK MUTU BUMI 35 orang, Hawai dan IPM SMA Muhammadiyah Bumiayu 25 orang, Hawai STIMIK Muhammadiyah Paguyangan 20 orang dan Hawai SMK Muhammadiyah 2 Sirampog 6 orang.

Diakhir latihan, ada yang menjadi kebanggaan tersendiri, Komandan Kodim 0713 Brebes Letkol Armed Mohamad Haikal Sofyan menyatakan apresiasinya kepada MDMC Kabupaten Brebes yang melibatkan hampir 154 orang lebih dalam kegiatan latihan tersebut.

Dandim bertatap muka langsung dengan MDMC di tenda serta mengucapkan terima kasih dan bangga atas kekompakan dan semangat relawan MDMC dalam latihan serta simulasi dari awal hingga selesai dengan baik dan semangat tetap dijaga, terus ditingkatkan keilmuan tentang kebencanaan serta tetap siaga karena bencana bisa datang kapanpun. (Utsm).

Editor : Abu Bakar Sidik

DomaiNesia

Brebes Latgab Bencana Alam MDMC Brebes

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.