Kepala Desa Suaran Bertekad Membangun Ekonomi Kerakyatan

1306 views

Berau, medianasional.id – Arif Sugiarto, ST yang baru dilantik menjadi kepala Desa Suaran kecamatan Sambaliung kabupaten Berau Kalimatan Timur, langsung bergerak cepat dengan semua ketua RT, ketua LPM, ketua BPD, ketua karang teruna, ketua lembaga adat, ketua organisasi beserta wartawan membahas percepatan untuk membangun desa Suaran.n

“Untuk memajukan suatu desa dibutuhkan kerja sama semua sektor yang utama sektor keamanan, bertoleransi hidup beragama rukun bisa melahirkan kedamaian,” kata Arif Sugiarto ST kepada wartawan.

Ia memohon kepada semua ketua RT kepala adat, LPM, karang taruna, ketua kelompok tani yang ada di desa agar membuat program kerja masing – masing untuk diajukan ke desa, supaya bisa dibahas di kantor desa dan bumdes.

“Untuk ketua RT buat profil RT masing- masing dan RPJM. Supaya bisa mengetahui kegiatan usaha masyarakat masing masing di lingkungan RT. Jadi kita bisa mengetahui maju mundur suatu desa yaitu dari tingkat RT. Jadi mohon kerja samanya profesional untuk meningkatkan pembangunan ekonomi di desa kita. Karena penduduk di desa suaran kecamatan Sembaliung kabupaten Berau ini cukup banyak dan wilayahnya cukup luas, makanya butuh kesadaran masyarakat saling bahu membahu untuk membangun desa kita ini dari beberapa aspek seperti keamanan kerena kita di desa suaran kecamatan Sambaliung ini semua suku agama ras golongan berbeda tapi semuanya aku yakin kita tetap berpegang teguh keyakinan agama dan kepercayaan kita masing- masing. Tetapi tetap menjaga bhineka tunggal ika, yaitu pancasila,” menurut Arif Sugiarto ST.

Selain itu, memajukan ekonomi yg paling utama adalah dari segi keamanan kerena ekonomi kerakyatan adalah basis untuk mengembangkan perekonomian Indonesia. Ekonomi Indonesia basisnya adalah rakyat yang terdiri dari petani, nelayan, pedagang kecil serta buruh. Potensi ekonomi di Indonesia adalah sumber daya alam dan sumberdaya manusia.

“Versi ekonomi kerakyatan adalah membangun sistem ekonomi Indonesia yang memihak kepentingan rakyat banyak. Tujuan ekonomi kerakyatan adalah seluruh masyarakat Indonesia khususnya desa suaran kecamatan Sembaliung kabupaten barau dapat produktif dan memiliki kemampuan mengembangkan potensi nya, serta ketergantungan skill dan kemauan. Contoh lebih nyata membangun perekonomian memihak kepada kepentingan rakyat adalah kita harus membangun basis secara langsung pengaruh pengembang pada potensi rakyat. Seperti jalan membuka desa – desa terisolasi, dan infrastruktur bendungan untuk meningkatkan produktifitas pertanian penguatan kelembagaan yang dimiliki dan dikelola oleh rakyat. Seperti koperasi /kelompok usaha yang mengelola tambak perikanan rakyat balai bibit tanaman, tambak rakyat, balai pendidikan teknologi tepat guna,” pungkas Arif Sugiarto ST.(saver)

Berau

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.