HUT Batang, RSUD Kalisari Gelar Baksos

309 views

Batang,medianasional.id
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kalisari Batang di Hari Ulang Tahun pemerintah kabupaten Batang yang ke 55 tahun menggelar Bakti Sosial (Baksos) Kesehatan Pemeriksaan audio metri di beberapa pabrik tekstil di Kabupaten Batang.

Dari hasil penggecekan dilapangan, Dokter spesialis Telinga, Hidung, Tenggorokan (THT) RSUD Batang dr Muyasaroh menuturkan, Hasil pemeriksaan yang dilaksanakan persentase pekerja yang mengalami gangguan pendengaran mungkin tidak terlalu tinggi, namun setelah melihat area mesin yang cukup bising, perlu diperhatikan kesehatan telinga, biar terawat pendengaranga. Sabtu, (10/4/2021).

“Saat kita lakukan penggecekan, 50 pekerja yang diperiksa 20 persen diantaranya mengalami gangguan pendengaran,” Bebernya.

Lebih Lanjut dr. Musyaroh menjelaskan, Karyawan sebuah perusaahaan yang melakukan aktivitas keseharian lebih dari 8 jam, harus menggunakan alat pelindung telinga (earplug) guna mengurangi pendengaran secara langsung ketelinga. Gangguan pendengaran akan muncul tergantung pada sensitifitas masing-masing telinga pekerja dan lama ia bekerja di perusahaan dengan kondisi kebisingan yang berbeda beda.

“Akibat kebisingan yang tinggi dan terus menerus dengan jangka waktu lama pekerja bisa terganggu pendengaranga dengan gangguan tuli ringan, namun tidak menutup kemungkingan bisa tuli total. Dengan adanya kegiatan ini sekaligus kita memberikan sosialisasi kepada pekerja agar tidak mengalami gangguan pendengaran,” Pungkasnya.

Orang nomor satu di pemerintah Kabupaten Batang Wihaji menuturkan, kegiatan ini dikandung maksud untuk mengetahui secara langsung pendengaran para pekerja pabrik mengalami permasalahan apa tidak.

“ Dari hasil pengecekan medis yang dilakukan, alhamdulillah tidak ada masalah yang cukup signifikan,” Ungkapnya.

Untuk itu, Bupati Batang Wihaji berharap untuk para pekerja yang berada di tempat dengan tingkat kebisingan tinggi harus menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), dengan menggunakan alat pelindung telinga ( earplug ).

Reporter : Puji Leksono.

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.