Pemerintah Kota Ambon Bersinergi dengan USAID-CCBO untuk Pengelolaan Sampah yang Berkelanjutan

Ambon927 Dilihat

Ambon, medianasional.id – Pemerintah Kota Ambon, melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP), telah berkolaborasi dengan USAID – Clean City Ocean (CCBO) dalam menggelar lokakarya tentang pendanaan pengelolaan sampah di kota ini. Lokakarya ini digelar pada Rabu (13/9/23) di Swiss Belhotel Ambon, dan acara ini dibuka oleh Sekretaris Kota Ambon, Agus Ririmasse.

Dalam sambutannya, Agus Ririmasse menekankan pentingnya pendanaan sebagai elemen kunci untuk menjalankan program pengolahan sampah yang berkelanjutan.

ADVERTISEMENT

” Pemerintah Kota Ambon sangat mengapresiasi dukungan dari USAID – CCBO dalam mendukung pendanaan untuk proyek-proyek yang bertujuan meningkatkan kebersihan lingkungan dan kualitas hidup kota ini. Meskipun sudah ada upaya dari Pemkot Ambon, seperti regulasi pendukung dan sarana persampahan, masih diperlukan upaya lebih lanjut untuk mencapai pengelolaan sampah yang lebih efektif, terutama di daerah yang belum dijangkau oleh layanan sampah,” ujarnya.

” Alokasi anggaran untuk pengolahan sampah di Kota Ambon terus meningkat setiap tahunnya, namun bantuan dari pihak seperti USAID – CCBO sangat dibutuhkan, seperti yang termanifestasikan dalam lokakarya ini. Melalui lokakarya ini, diharapkan pemahaman tentang pendanaan yang efisien dalam pengelolaan sampah dapat ditingkatkan, termasuk identifikasi sumber-sumber pendanaan yang potensial, manajemen yang tepat, serta pengukuran hasil yang akurat. Selain itu, diharapkan kerjasama yang kuat antara pemerintah, sektor swasta, lembaga donor, dan rencana konkret untuk optimalisasi pendanaan dapat terwujud. Kegiatan ini juga dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Lingkungan Hidup, spesialis USAID Indonesia, serta para pimpinan OPD lingkup Pemkot,” tutup Ririmase.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.