2024, PTSL Kabupaten Banyumas Targetkan 36.400 Sertifikat

Purwokerto340 Dilihat

Purwokerto, medianasional.id – Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Kabupaten Banyumas tahun 2024 targetkan 36.400 sertifikat yang tersebar di sepuluh desa di beberapa kecamatan. Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Banyumas Agus Suprapta usai audiensi dengan Pj Bupati Hanung Cahyo Saputro pada Kamis (25/01/24) di Pendopo Si Panji Purwokerto.

Agus Suprapta menyampaikan persyaratan terkait pendaftaran PTSL masih menggunakan syarat yang sama seperti dahulu sehingga mempermudah masyarakat dalam penerbitan sertifikat tanah.

“Terkait persyaratan masih sama seperti dulu agar mempermudah seandainya tidak ada alat bukti tertulis lain, cukup menggunakan surat pernyataan penguasaan fisik bidang tanah. Masyarakat diharapkan lebih mudah dalam pemenuhan persyaratannya dan kami berharap nanti masyarakat bisa ikut serta di dalam program ini sehingga bidang – bidang tanah yang mereka kuasai, itu bisa diterbitkan sertifikatnya,” jelasnya.

Namun demikian Agus menambahkan, masih terdapat masyarakat yang enggan dengan adanya program tersebut karena beberapa alasan seperti biaya, merasa tanggungan pajak lebih besar, tanah waris yang belum dibagi dan masih banyak lagi.

“Tapi kami akan terus mendorong masyarakat dan mensosialisasikan mengenai pentingnya program ini,” ujarnya.

Dengan diterbitkannya sertifikat tanah, diharapkan dapat memakmurkan kehidupan rakyat serta menjaga dan menjamin kepastian hukum, baik kepastian subjek, objek dan kepastian haknya dan diharapkan juga dapat mencegah terjadinya sengketa pertanahan di kemudian hari.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.