Warga Dihebohkan Adanya Keberadaan Tawon Jenis Vesva di Lingkungan Perumahan Grand Riscon Padjadjaran

190 views

Bogor, Medianasional.id – Petugas Animal Rescue UPT Disdamkar Kabupaten Bogor kembali mengevakuasi sarang tawon jenis vespa yang berlokasi di Perumahan Grand Riscon Padjadjaran RT 01 RW 01 Desa Cimanggis, Kecamatan Bojonggede Kabupaten Bogor.

Keberadaan sarang tawon tersebut diketahui setelah salah seorang warga perumahan bernama Hendrik menjadi korban sengatan tawon hingga harus mendapatkan bantuan medis di sebuah klinik. Korban kemudian melaporkan kejadian tersebut kepada pengurus paguyuban warga, Ketua Paguyuban kemudian berkoordinasi dan menghubungi Dinas Damkar Kabupaten Bogor melalui sambungan telepon.

“Kami menerima laporan dari warga melalui call center 113 Disdamkar Kabupaten Bogor dan kami langsung bergerak dengan menurunkan satu unit kendaraan dan 5 personil guna mengevakuasi sarang tawon yang meresahkan warga tersebut,” ujar Nuriyadi, yang memimpin personil Rescue , Sabtu (2/1/2021) sekitar jam 00.15 dinihari.

“Sengaja dilakukan malam hari karena tawon jenis vespa tersebut lebih agresif ketika banyak cahaya terutama pada siang hari, dan mengantisipasi terhadap serangan tawon, apa lagi di daerah kampung tersebut banyak aktivitas masyarakat sehingga evakuasi di lakukan pada saat malam hari,”jelasnya.

“Hari ini cukup banyak laporan yang masuk terkait keberadaan sarang tawon, sudah 4 laporan yang ditindaklanjuti termasuk di perumahan ini, sebelumnya kami juga ke daerah Citayam, evakuasi sarang tawon yang cukup besar sehingga membahayakan keselamatan warga, kami juga menghimbau apabila ada masyarakat yang memiliki informasi terkait binatang liar atau buas yang mengganggu, meresahkan warga, jangan segan-segan untuk melaporkan kepada kami, akan kami tindaklanjuti laporan tersebut, tidak usah kuatir juga tentang biaya, karena tugas ini kami laksanakan tanpa dipungut biaya alias gratis,” tegasnya.

Proses Evakuasi berlangsung hampir selama 30 menit, proses evakuasi pun berjalan lancar sebelum akhirnya sarang tawon dimasukkan ke dalam karung yang telah disiapkan, berbekal cairan racun serangga, sejumlah petugas damkar bergantian naik ke atas pohon yang berada dekat dengan lokasi perumahan, petugas secara perlahan mencopot sarang tawon vespa tersebut.

Sementara itu, Yusdiansyah selaku ketua Paguyuban warga sangat mengapresiasi kerja cepat tim damkar Kabupaten Bogor dalam mengevakuasi sarang tawon itu.

“Kami sangat mengapresiasi terhadap kinerja damkar yang dengan cepat menanggapi laporan dan tidak perlu waktu yang lama langsung menerjunkan petugas untuk mengevakuasi sarang lebah yang cukup meresahkan warga, terimakasih kepada para petugas atas respon yang cepat dan sigap”, pungkasnya.(nimbrod rungga)

Bogor

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.