SANGKAL PUTUNG PATAH TULANG WARISAN BUDAYA ASLI JAWA BAPAK ANSOR

113 views

Batang – medianasional.id

Dalam kehidupan sehari-hari berbagai macam kegiatan masyarakat berusaha untuk beraktivitas dalam pekerjaan demi mendapatkan penghasilan guna memenuhi kebutuhan keluarga.

Dan dari kebanyakan mereka tidak menghiraukan keselamatan diri mereka sendiri sehingga seringkali terjadi kecelakaan menimpa tanpa disengaja.

Semisal jatuh yang mengakibatkan patah tulang ,luka luka ,dan lain sebagainya, sebagai langkah tanggap darurat penanganan pertama yang terpikirkan hanya secara medis ,padahal masih ada penanganan secara non medis, sebagai contoh pijat urat saraf, herbal, dan yang lebih di cari para pasien/korban kecelakaan patah tulang penanganan secara SANGKAL PUTUNG.

Yang menarik terkait praktik pengobatan patah tulang Sangkal Putung disini adalah dari Terapis (ANSOR) sendiri tidak menggunakan alat yang seharusnya dibutuhkan selayaknya penanganan secara medis.

Akan tetapi Terapis hanya menggunakan alat alakadarnya dan tidak masuk di akal, namun bagi para pasien tidak mengalami kesakitan sama sekali.

Di Kabupaten Batang sendiri ada satu tempat pengobatan penanganan specialis ahli patah tulang atau yang sering disebut Ahli Sangkal Putung yakni Bapak ANSOR asli kelahiran Kajen Pekalongan,namun sekarang menetap di wilayah Kabupaten Batang tepatnya Dukuh Bagoran Desa Tambahrejo Kecamatan Bandar.

Tiap harinya tempat praktek pengobatan Bapak Ansor didatangi puluhan pasien yang harus di tangani dari yang hanya pijat saraf sampai patah tulang ,sering kali mereka yang mengalami kecelakaan berat dan harus dirawat di ruang inap tempat Bapak Ansor, untuk perawatan sampai pemulihan dan benar benar pulih setidaknya pasien membutuhkan waktu antara 20 hari sampai satu bulan.

Itulah yang menjadi kendala Bapak Ansor sehubungan dengan jumlah pasien rawat inap, dikarenakan ruang terbatas sedangkan pasien semakin bertambah.

Harapan Bapak Ansor agar pemerintah maupun instansi kesehatan daerah mengapresiasi dan membantu untuk yang dibutuhkan demi kelangsungan berjalanya bapak Ansor membatu masyarakat,Dalam hal ini yang di butuhkan penambahan ruang rawat inap.

Itulah yang menjadi keluhan Bapak Ansor selain untuk membantu masyarakat juga melestarikan warisan budaya asli Indonesia.  Sofyan Ari.

DomaiNesia

Sangkal Petung Patah Tulang

Penulis: 
author

Posting Terkait

banner 468x60)

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.