Puslitbang Polri Laksanakan Penelitian di Polres Raja Ampat,Ini Hasilnya

229 views

Analis Puslitbang Polri Kombes Pol.Saefudin Mohamad didampingi Kapolres Raja Ampat AKBP.Andre Julius William Manuputty menggelar pertemuan dengan sejumlah PJU, anggota Polres Raja Ampat di 5 fungsi yang dihadiri sejumlah tokoh masyarakat, agama,adat,pemuda dan tamu undangan lainnya diruang data,Mapolres Raja Ampat,Waisai,Ibukota kabupaten Raja Ampat,Papua Barat,Rabu (31/3/2021) malam. (Foto: Zainal La Adala).

Raja Ampat,medianasional.id- Pusat penelitian dan pengembangan (Puslitbang) Polri melalui Bid Gasopsnal melaksanakan tugas penelitian tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Kinerja Polri,khususnya Polres Raja Ampat,Polda Papua Barat.

Hal itu disampaikan Kapuslitbang Polri,Brigjen Pol.Guntur Setyanto melalui Analis Puslitbang Kombes Pol.Saefudin Mohamad.Menurutnya,tujuan dari penelitian pihaknya (Puslitbang Polri Red) untuk mengukur sampai sejauh mana tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri khususnya di 5 fungsi pelayanan operasional,yaitu Satlantas, Satsabhara, Satbinmas dan Satntelkam juga Satreskrim Polres Raja Ampat.

“Adanya tingkat kepercayaan masyarakat merupakan indikator penting untuk mengukur sudah sampai sejauh mana pelayanan kepolisian,khususnya Polres Raja Ampat terhadap masyarakat,apakah pelayanannya sudah secara maksimal,”ujar Analis Puslitbang Polri kepada media nasional,usai pertemuan dangan Kapolres Raja Ampat AKBP.Andre Julius William Manuputty sejumlah PJU, anggota Polres Raja Ampat di 5 fungsi yang dimaksud yang dihadiri sejumlah tokoh masyarakat, agama,adat,pemuda dan tamu undangan lainnya di ruang data,Mapolres Raja Ampat,Waisai,Ibukota kabupaten Raja Ampat,Papua Barat,Rabu (31/3/2021) malam.

Dijelaskan,bahwa1 fungsi dari 5 fungsi tersebut diatas masing-masing dinilai minimal 30 responden dari berbagai kalangan,dan pertanyaannya dibagikan melalui link dan dinilai langsung responden (masyarakat).”Dari dasar penilaian responden kita bisa mengetahu,mengukur berapa skor tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polres Raja Ampat yang sudah dilaksanakan,”kata Analis Puslitbang Polri.

“Puslitbang Polri dalam penelitian melibatkan responden dari berbagai kalangan,diantaranya pemerintah setempat,akademisi,tokoh masyarakat, adat,pemuda,pelajar dan responden lainnya yang dianggap perlu untuk menilai kinerja kepolisian,khususnya Polres Raja Ampat,”sambungnya.

Analis Puslitbang Polri menyebut,dari hasil penelitian,survei ternyata kinerja Polres Raja Ampat dibidang Operasional pelayanan di 5 funngsi ternyata sangat baik sesuai hasil dari penilaian responden dan Polres Raja Ampat memperoleh kategori sangat baik dengan skor nilai 86,61.

“Untuk fungsi Sabhara 85,71,kemudian Intelkam 83,46,Lantas 90,Binmas 88,82,Reskrim 85,1. Kinerja Polres Raja Ampat dinilai meningkat secara signifikan,”ungkapnya.

Analis Puslitbang Polri Kombes Pol.Saefudin Mohamad saat memberikan keterangan pers kepada media nasional,Diruang Data,Mapolres Raja Ampat,Rabu (31/3/2021) malam. (Foto: Zainal La Adala).

Lanjut Analis Puslitbang Polri,bahwa penelitian tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polres Raja Ampat yang dianggap baik dan meningkat secara signifikan tak diragukan lagi.

“Karena penelitian yang dimaksud telah terprogram dengan baik, 5 tahun sekali kita melakukan penelitian sekarang 2021 Kinerja Polres Raja Ampat sangat meningkat dibandingkan 2015 lalu,”bebernya.

Kapuslitbang melalui Analis Puslitbang Polri berharap,kepada jajaran Polres Raja Ampat untuk senantiasa melayani masyarakat dengan tulus dan ikhlas,dan dapat merubah mindset cara berpikir dan juga merubah budaya kerjanya.

Ia mengingatkan,jangan sampai Polres Raja Ampat membebani masyarakat dalam pelayanan,dan jangan sampai ada pelayanan diskriminatif terhadap masyarakat.”Intinya harus lebih melayani lagi,lebih responsibilitas. Maksudnya apa yang dibutuhkan masyarakat Polri harus lebih cepat tanggap,transparansi,tulus dan ikhlas melayani masyarakat,”tandas Analis Puslitbang Polri.

Informasi yang diperoleh,Analis Puslitbang Polri Kombes Pol.Saefudin Mohamad melaksanakan tugas penelitian di Polres Raja Ampat ditemani 6 orang,3 diantaranya dari Biro Rena Polda Papua Barat.

Editor: Zainal La Adala.

Ini Hasilnya Puslitbang Polri Laksanakan Penelitian di Polres Raja Ampat

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.