Pelatihan Mitigasi Bencana, Antisipasi Kebakaran di Pemukiman Padat Penduduk

251 views

Bogor, Medianasional.id – Kebakaran merupakan salah satu ancaman yang berbahaya dan dapat mengakibatkan korban jiwa jika kita tidak melakukan upaya yang tepat dalam mencegah kebakaran. Hal inilah yang menjadi dasar Simulasi dan Pelatihan pemadam kebakaran pada Kp Tulang Kuning Rt 001/005 Desa Waru Kecamatan Parung Kabupaten Bogor Jawa Barat, dini hari (Minggu, 9/8/2020)

Turut hadir dalam kegiatan ini adalah pihak Pemadam kebakaran Parung (Fajar), Ketua RW/RT setempat dan warga masyarakat. Sementata kades setempat tidak bisa hadir dikarenakan ada tugas lain, dan sebagai penanggung jawab kegiatan ini adalah Bapak Rahmat Hermawan, S.Pd selaku Ketua RT setempat.

Kesadaran akan pentingnya pencegahan kebakaran dan penanggulangan dini terhadap bahaya kebakaran, pada umumnya masih dirasakan sangat kurang, khususnya untuk rakyat Indonesia karena itulah diperlukan pelatihan ini. Banyak faktor yang bisa mempercepat terjadinya bahaya api atau kebakaran bahkan ledakan, faktor-faktor tersebut kadang-kadang kurang diperhatikan oleh kebanyakan orang, padahal upaya pencegahan kebakaran lebih mudah dan lebih murah, dibandingkan upaya penanggulangannya. Karena itulah, dalam pelatihan ini upaya pencegahan kebakaran lebih diutamakan.

Dengan Bekerjasama dengan pemadam kebakaran Kabupaten Bogor, para petugas Damkar Memberi penjelasan dan pelatihan kepada Warga Rt 001/005 Kp Tulang Kuning,warga sendiri sangat antusias dalam pelatihan pencegahan dini pemadaman api.Karena dalam 1 Bulan Terakhir telah 2 kali terjadi Kebakaran di Lingkungan warga sekitar.

“Pelatihan ini sangat penting bagi warga, karena jika terjadi kebakaran warga tahu apa yang harus dilakukan. Pelatihan / simulasi kerjasama Damkar Kec. Parung dengan warga masyarakat RT 01 – RW 05 Desa Waru meliputi simulasi mengatasi bahaya kebocoran tabung gas, Simulasi memadamkan api melalui karung goni, Cara menggunakan alat tabung APAR,” ujar Rahmat Hermawan, S. Pd Selaku Ketua RT 001.

Manfaat dan pelatihan ini Peserta akan memahami pentingnya upaya pencegahan kebakaran melebihi upaya penanggulangannya. Mengerti bagaimana kebakaran terjadi, penjalarannya, dan bagaimana cara pencegahan dan penanggulangannyaMemberikan kesadaran tentang pentingnya meningkatkan perilaku keseharian dalam pencegahan kebakaran. Mengenal beberapa sarana dan prasarana peralatan pencegahan dan penanggulangan kebakaran.Mengantisipasi dan mengurangi kerugian akibat kebakaran, dengan membentuk organisasi peran kebakaran.

Materi training fenomena api / kebakaran.
Alat Pemadam Kebakaran dan cara penggunaannya. Karakteristik bahan bakar
Bahaya Ledakan dan pengendaliannya Bahan cair mudah terbakarIjin kerja didaerah mudah terbakarKebakaran ruanganAnalisa resiko kebakaranTanggap darurat kebakara Manajemen penanggulangan kebakaran

Metode pelatihan Partisipatif, diskusi dan simulasi dengan menggunakan alat bantuSosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran sudah dilaksanakan pada tanggal 09 Agustus 2020. (Nr/AJWI)

DomaiNesia

Bogor

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.