Momentum Wujudkan Transportasi Aman dan Nyaman di Tengah Pandemi Covid – 19

209 views

Kota Pekalongan – Peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Tahun 2020 yang jatuh pada 17 September menjadi momentum untuk memacu semangat dan tekad para insan perhubungan dalam memberikan pelayanan trasnportasi yang aman dan sehat kepada masyarakat. Terlebih, di tengah masa pandemi Covid-19 yang belum berakhir, Insan Perhubungan didorong untuk memiliki semangat melakukan perubahan perubahan terhadap regulasi dalam era adaptasi kebiasaan baru ini dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan agar dapat secara efektif mencegah penyebaran Covid-19. Demikian ditekankan Wakil Walikota Pekalongan,HA Afzan Arslan Djunaid,SE usai menjadi inspektur apel luar biasa pencanangan ZI Menuju WBK WBBM sekaligus Peringatan Hari Perhubungan Nasional Tahun 2020, bertempat di Halaman Kantor Dishub setempat, Kamis (17/9/2020).

“Dalam pencanangan ZI yang dirangkai bersamaan dengan peringatan Hari Perhubungan Nasional Tahun 2020 ini di Dinas Perhubungan hari ini menjadi suatu semangat dan motivasi bagi insan perhubungan yang tadi sudah mendeklarasikan bersama untuk memaksimalkan pelayanan di segala lini. Disamping itu, peringatan ini bisa menjadi titik awal untuk meningkatkan prestasi dan membenahi pelayanan transportasi yang ada di Kota Pekalongan di tengah masa pandemi ini mengingat penularan Covid-19 belum berakhir,” ujar Aaf.

Aaf menuturkan, meski kinerja Dishub sudah baik, evaluasi tetap perlu dilakukan terutama dalam menyiapkan dan melakukan penataan transportasi yang aman, nyaman, dan sehat di dalam adaptasi kebiasaan baru sebagai upaya meminimalisir pencegahan Covid-19 agar tidak menjadi kluster baru. Aaf juga mengajak insan perhubungan untuk terus bersinergi dengan masyarakat.

“Dishub sudah melakukan upaya-upaya dalam memberikan pelayanan yang aman, nyaman dan sehat di adaptasi kebiasaan baru ini.  Kami yakin Dishub sudah melakukan pengecekan dan pengawasan secara mendetail di bidang transportasi seperti melalui Uji KIR. Namun seketat apapun Dishub melakukan pengawasan juga dibutuhkan komitmen dan sinergi bersama dari masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan begitujuga aturan yang telah ditetapkan,” tegas Aaf.

Sementara itu, Kepala Dishub Kota Pekalongan,Drs Slamet Prihantono menjelaskan tema yang diusung dalam Peringatan Harhubnas 2020 ini yakni “Wujudkan Asa, Majukan Indonesia”. Sehingga, pihaknya memfokuskan untuk mewujudkan transportasi yang selamat,aman dan nyaman di era adaptasi kebiasaan baru. Menurutnya, meskipun pandemi Covid-19 masih ada, namun sektor transportasi harus tetap berjalan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

“Silahkan masyarakat yang ingin berpergian atau menggunakan jasa transportasi  umum, tetap budayakan protokol kesehatan yang ketat. Kami juga telah mengimbau kepada insan perhubungan khususnya awak transportasi umum untuk menerapkan penempatan penumpang agar tetap jaga jarak dan menggunakan masker, cuci tangan dan penyemprotan disinfektan rutin,” pungkas Totok.

Dalam kegiatan Peringatan Harhubnas 2020, selain dihadiri Wakil Walikota Pekalongan, turut hadir Sekretaris Daerah Kota Pekalongan, Hj Sri Ruminingsih,SE,MSi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Erli Nufiati,SE, Ketua DPRD Kota Pekalongan,Hj Balgis Diab,SE,MM, Kapolres Pekalongan Kota,AKBP Egy Adrian Suez,SH,SIK,MH, Ketua Pengadilan Negeri Pekalongan Kelas IB, Sutaji,SH,MH, perwakilan kepala OPD dan stakeholder terkait lainnya. Dalam peringatan Harhubnas tersebut, Dishub juga memberikan bantuan paket sembako dan hadiah “Dishub Peduli” kepada insan perhubungan dan masyarakat yang taat uji KIR.

(Sofyan Ari)
DomaiNesia

Mumentum Wujudkan

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.