Malam 1 Muharam, Wisata Religi Wonobodro Blado Ramai Peziarah

2251 views

Batang, medianasional.id
Malam 1 Muharom 1442 H atau dalam penanggalan Jawa sering di bilang malam 1 Suro. Bulan Muharram merupakan bulan pertama tahun Hijriah. Tepatnya di wilayah Desa Wonobdro, Kecamatan Blado Kabupaten Batang Provinsi Jawa Tengah makam Aulia Kondang pada masanya yakni Syekh Maulana Maghribi dipadati pezirah, baik itu warga masyarakat sekitar makom di Kabupaten Batang maupun warga yang datang dari luar Kabupaten Batang seperti Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Kendal.

Para peziarah sengaja datang pada malam pergantian tahun baru Islam untuk berkunjung dan berdoa di makam Aulia. Dalam situasi Pandemi Covid 19 seperti sekarang ini tidak menyurutkan peziarah untuk datang ke Bukit Wonobodro.

Pada malam ini sudah banyak peziarah yang datang dengan menggunakan sepeda motor dan mobil, baik itu kendaraan umum seperti angkutan kota dan bus antar kota dalam provinsi terlihat di sepanjang jalan menuju arah makom dan di tempat parkir. Pedagang pun hingga dini hari masih menjajakan dagangan dan oleh – oleh makanan khas daerah Wonobodro Blado.

Anak-anak kecil yang biasa berjualan air mineral dan plastik sudah mulai rame, mereka menjual plastik kresek untuk digunakan menaruh sandal agar sandal tidak tertukar dengan peziarah lainnya.

Usai melakukan do’a, Salah satu peziarah lokal Ananta menuturkan, Walaupun ditengah Pandemi Covid 19 seperti sekarang ini antusias warga yang datang ke makam bukit Wonobodro tidak kalah dengan sebelum adanya wabah Corona. Diparkiran yang disediakan dan sepanjang jalan arah ke makom sudah banyak kendaraan yang parkir, baik itu roda dua maupun lebih.

“Warga yang datang ada dari wilayah Kabupaten dan Kota Pekalongan, Namun warga sekitar Kabupaten Batang pun banyak juga yang sengaja berziarah di malam 1 Muharom, ” Ungkap Ananta usai berdoa di makam Syekh Maulana Maghribi Kamis, (20/8/2020) dini hari.

Ditempat terpisah, Peziarah asal Kabupaten Pekalongan Imron (27) menuturkan, Alhamdulillah walaupun musim wabah Corona saya bisa berziarah dan berdoa di makam Syekh Maulana Maghribi mumpung belum padat pengunjung. #Topan.

DomaiNesia
Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.