Kodim 0701/Banyumas Terima Tim Wasev Kemenhan RI Tentang Pentingnya Bela Negara dan Patuhi Protokol Kesehatan

155 views

Banyumas, Medianasional.id – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) bertujuan membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan bersifat fisik maupun non fisik dan memantapkan Kemanunggalan TNI-Rakyat dalam rangka menyiapkan Ruang Juang, Alat Juang dan Kondisi Juang yang tangguh.

Komandan Kodim 0701/Banyumas Letkol Inf. Candra S.E.,M.I.Pol menerima kunjungan Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) non fisik TMMD Reguler tahun 2020 dari Kemenhan Letkol Inf. Hafidh Widodo Kasi Anev Subdit Lingja Dit Bela Negara Ditjen Pothan Kemenhan dan Pns Persia Penda Tk. 1 III /B Pengelola Sie Anev Subdit Lingkim Dit Bela Negara Ditjen Pothan Kemenhan di Ruang data Kodim 0701/Banyumas Jalan Jenderal Sudirman No. 204 Kelurahan Kedungwuluh Kecamatan Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas, Jum’at (27/11/2020).

Dalam paparannya Letkol Inf. Hafid Widodo menyampaikan tentang Sosialisasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN) bahwa bela negar adalah tekad, sikap dan perilaku, serta tindakan warga negara, baik secara perseorangan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa dan negara, yang dijiwai oleh kecintaannya kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara dari ancaman sesuai dengan UU No. 23/2019, Pasal 1 Angka 11.

Nilai dasar bela negara adalah cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setia pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara, Kemampuan awal Bela Negara, tambahnya.

Aktualisasi nilai-nilai bela negara yang meliputi Rela berkorban, mendahulukan kepentingan umum, mencurahkan perhatian, tenaga, pikiran utk tugas tanpa pamrih. Rela mengorbankan waktu, harta, raga dan jiwa utk negara. Siap membela bangsa dan negara dari berbagai ancaman.

Kemampuan awal bela negara psikis dan fisik, Kondisi kesiapan dan kesanggupan warga negara yang mengandung semangat membela negara sesuai dengan ketrampilan, keahlian/profesinya. Memelihara kesehatan jasmani dan rohani, Ulet, tahan uji, pantang menyerah, imbuhnya.

Bela negara bukan hanya angkat senjata, tidak harus jadi tentara. Melakukan yang baik untuk bangsa dan negara adalah bela negara. Jadilah contoh (Role models) pelaku aksi nyata bela negara, bela negara di era new normal yaitu kesehatan, disiplin dan patuh terhadap protokol Kesehatan, sering cuci tangan, pakai masker dan jaga jarak. Sosial budaya, rela berkorban, tenang, tidak menyebar hoax. Pendidikan, tetap kreatif dan inovatif di era new normal dan new spirit selama “belajar di rumah”. Kesadaran kolektif membela negara seluruh warga negara akan menguatkan pertahanan negara Indonesia menghadapi berbagai spektrum ancaman. Bangun terus kompetensi teknis, dengan tetap membangun karakter bela negara. Indonesia emas 2045 untuk Indonesia maju, tangguh, dan mandiri, pungkasnya.

Dalam kesempatan ini Dandim 0701/Banyumas Letkol Inf. Candra S.E.,M.I.Pol menyampaikan ucapan selamat datang kepada Wasev dari Kemenhan RI dan terima kasih atas segala arahan serta bimbingannya kepada kami untuk dijadikan bahan evaluasi kami dalam memberikan motivasi kepada masyarakat tentang pentingnya Bela Negara dan tetap Mematuhi Protokol Kesehatan dimasa pandemi Covid-19.

Saya akan perintahkan Babinsa jajaran Kodim 0701/Banyumas untuk segera memberikan pengetahuan kepada masyarakat di Desa binaannya bahwa Bela Negara bukan hanya tugas Aparatur negara namun Tugas seluruh Rakyat Indonesia serta dimasa pandemi Covid-19 ini agar seluruh rakyat Indonesia tetap patuhi protokol Kesehatan dengan 3M yaitu Mencuci tangan, Memakai masker dan Menjaga Jarak, Tegas Dandim.

Reporter : Asep Setiawan

Editor : Drajat

DomaiNesia

Banyumas

Penulis: 
author

Posting Terkait

banner 468x60)

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.