Hafal Lagu ‘’Lir Ilir’’ dan ‘’Pancasila’’, Jamaah Taraweh Dapat Apresiasi dari Bupati

91 views

Kebumen, medianasional.id – Ada yang menarik pada kegiatan Sholat Taraweh berjamaah di Masjid Nurul Huda Desa Pengaringan Kecamatan Pejagoan Kabupaten Kebumen. Hafal lagu tembang Jawa ‘’Lir Ilir’’ dan Pancasila, 10 orang dapat apresiasi dari Bupati Kebumen Arif Sugiyanto.

Kegiatan itu berlangsung Rabu 14 April 2021. Hadir Sekda Kebumen Ujang Sugiyono beserta OPD, Forkopimcam Pejagoan, Mantan Sekda Kebumen Adi Pandoyo serta Pemerintah Desa dan Tokoh masyarakat setempat.

Dijelaskan Bupati, apresiasi ini sebagai bentuk ajakan masyarakat untuk lebih memahami Pancasila yang merupakan bukti Dasar Cinta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Sedangkan sholawat bersyairkan tembang jawa merupakan bukti cinta terhadap Nabi dan kultur budaya jawa.

Apresiasi diwujudkan dalam bentuk uang. Meskii tidak seberapa namun ini bagian dari perhatian dari pemerintah kepada masyarakat agar lebih mencinta NKRI dan nili nilai luhur budaya bangsa.

‘’ Ini juga bisa di maknai sebagai nilai nilai luhur dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, khususnya di bulan suci Ramadan. Agar kerukunan dan semangat kebersaman bisa lebih dtingkatkan,’’ ujar Bupati.

Disisi lain, Bupati juga menambahkan, kegiatan Sholat Taraweh dan Silaturahmi bertujuan untuk mamastikan penerapan protokol kesehatan di masyarakat berjalan dengan baik. Selain itu, Tarhim ini sekaligus untuk mendekatkan diri hubungan pemerintah dengan masyarakat khususnya di pelosok desa.

‘’ Kenapa saya pilih daerah yang pelosok, karna saya melihat mereka tidak mungkin akan datang ke Kota, dan masyarakat tentunya juga ingin berkomunikasi dengan pemerintah langsung. Untuk itu dengan kegiatan ini akan tercipta komunikasi yang baik. Terutama menyerap aspirasi mereka,’’ ucap Bupati Arif.

Bupati melihat penerapan protokol kesehatan di Masjid ini secara keseluruhan sudah cukup baik. Meski begitu, pihaknya tetap meminta ini terus ditingkatkan, guna memutus mata rantai Pandemi covid 19.

Terkait Desa Pengaringan, Bupati menilai daerah ini memiliki potensi perbukitan yang indah, namun konidisi jalannya mamsih cukup terjal dan butuh perbaikan. Untuk itu dalam waktu dekat Bupati akan segera melakukan perbaikan.

‘’ Saya melihat Protokol kesehatan sudah berjalan cukup baik, dan Desanya juga bagus. Hanya saja jalannya memang masih banyak yang terjal. Tapi Insya Alloh akan segera kami perbaiki,’’ tandas Bupati Arif Sugiyanto.

 

Reporter : Tyo

Editor : Drajat

Kebumen

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.