Di Tengah Pandemi Yang Tak Pasti, Anak Muda ini Nekat Berwirausaha Angkringan, Simak Ceritanya

293 views

Bogor, Medianasional.id – Angkringan adalah sebuaih gerobak dorong untuk menjual berbagai macam makanan dan minuman di pinggir jalan di Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Di Solo maupun Klaten angkringan dikenal sebagai warung hik atau wedangan.

Belakangan ini, selain di Solo dan Yogya keberadaan usaha angkringan mulai menjamur di berbagai daerah. Contohnya di Bogor, Jawa Barat sendiri angkringan sekarang mudah sekali ditemui, selain menyediakan beberapa menu-menu sederhana. Angkringan dikenal menjual makanan dengan harga miring.

Disalah satu daerah di Bogor tepatnya di Parung Kab. Bogor angkringan ini mudah sekali ditemui, salah satu contohnya angkringan “Maju Lancar pak bendol” Yang buka dekat pasar hias parung, tepatnya Di Jl. H Mawi (jalan Parung-Ciseeng) Samping pasar Tohaga parung ini buka setiap hari dari Pkl 19.00 – 01.00 dini hari.

Angkrigan “Maju Lancar pak Bendol” ini menyediakan beberapa menu ringan dengan harga terjangkau dan menunya sama seperti pada menu angkringan yang pada umumnya dijual di daerah Solo – Yogya, mulai dari harga sate pertusuknya 2000 sampai 4000, yang terkenal di angkringan adalah yaitu Nasi Kucingnya.

Ditengan pandemi Covid 19 yang tak pasti ini, kita di tuntut untuk kreatif dalam berwirausaha, Reyhan Ardiyanto selaku Owner angkringan “Maju Lancar Pak Bendol” ini menceritakan beberapa kisahnya, nekat buka angkringan ditengah ketatnya PSBB di Kota Bogor dan Tak abai dengan Protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah,maka dari itu setiap pembeli di angkringan Wajib menggunakan masker, menggunakan handsanitizer yang sudah disediakan sebelum memilih menu makan tak juga untuk menjaga jarak saat memesan makanan yang di makan di tempat.

Penting ketika membuka usaha berkaitan dengan kuliner untuk menjaga kebersihan, baik itu pada makanan yang disajikan hingga perangkat makan yang digunakan. Begitu pula dengan angkringan. Justru karena membuka usaha angkringan yang dikenal sebagai kuliner murah meriah, masalah kebersihan menjadi sangat penting.

Hal itu karena bagi masyarakat modern, makanan yang bersih menjadi jaminan sajian yang disiapkan sehat dan aman untuk dikonsumsi. Jangan sampai konsumen merasa “jijik” untuk kembali mampir ke angkringan kamu.

Saat diajak ngobrol dengan salah satu team media yang langsung Turun ke lokasi Angkringan tersebut, Reyhan Ardiyanto Selaku owner memberi penjelasan Tujuannya nekat berwirausaha Ditengah padatnya jadwal Mata kuliah yang dilaksanakan dirumah dan Ganasnya Wabah Covid 19 “Tujuan saya nekat berwira usaha di usia muda yaitu karena saya ingin hidup mandiri untuk mencukupi kebutuhan sendiri tanpa meminta ke orang tua. Semakin beranjak dewasa saya sadar bahwa kebutuhan seseorang akan bertambah. Selain itu saya ingin selangkah lebih maju dari teman-teman saya yang masih berada di zona nyaman tanpa memikirikan masa depannya. Dengan memiliki usaha sendiri, saya lebih merasa puas menggunakan uang hasil jeri payah saya sendiri tanpa membebani kedua orang tua saya, juga saya bangga, selama saya berwirusaha. Saya bisa membantu menyediakan lapangan pekerjaan untuk kedua teman saya dan Ponakan saya yang bernama sella, pungkas Reyhan.

Intinya sebagai kaum muda kita dituntut untuk lebih kreatif dan pantan menyerah dalam menjalan sesuatu,di Era milenial ini persaingan semakin ketat kalo kita ga ulet dan kreatif maka Kita sebagai kaum muda akan ketinggalan juah.jangan malu dan Ragu untuk memulai sesuatu,asal ada kemauan pasti juga ada jalan.(Nim-R)

Editor : Firlyanta

Bogor

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.