Babinsa Koramil 09/Somagede Pantau Swab PCR di Desa Binaan

38 views

Banyumas, medianasional.id – Pandemi Covid 19 sudah setahun lebih melanda negeri ini. Pemerintah Kabupaten Banyumas terus berupaya untuk mengendalikan penyebaran virus ini. Kodim 0701/Banyumas melalui Babinsa di koramil jajaran terus berupaya membantu melakukan tindakan 3T atau tindakan melakukan tes Covid – 19 testing, penelusuran kontak erat tracking, dan tindak lanjut berupa perawatan pada pasien Covid – 19 treatment terus dilakukan sebagai upaya penanganan Covid – 19.

Komandan Kodim 0701/Banyumas melalui Danramil 09/Somagede Kapten Chb Kamiyono, SH, MH menyampaikan bahwa disamping upaya penanganan, upaya pencegahan juga terus disosialisasikan oleh Babinsa di wilayah binaan melalui gerakan 5M, yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabuan dan air yang mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi secara fisik.

“Langkah lain yang sudah dilakukan yaitu dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro. Melalui PPKM skala mikro, pengendalian akan ditekan di level terkecil, yakni RT/RW dengan pembentukan posko yang melakukan empat fungsi yaitu pencegahan, penanganan, pembinaan dan pendukung operasional penanganan Covid – 19,” jelas Danramil.

Upaya-upaya strategis Pemkab Banyumas ini terbukti mampu mengendalikan penyebaran Covid 19. Seperti yang dilakukan Serma Sukirman, anggota Koramil 09/Somagede yang melaksanakan pemantauan secara langsung test swab Polymerase Chain Reaction (PCR) hasil tracing di Puskesmas Kecamatan Somagede, Kabupaten Banyumas. Jumat (09/04/2021).

Test swab PCR ini dilakukan kepada warga dari hasil penelusuran kontak erat dengan warga di Desa Tanggeran yang teridentifikasi positif Covid-19. Setelah melaksanakan swab test ini diharapkansemua warga yang pernah kontak dengan orang yang terindikasi terpapar Covid-19 hasilnya negatif semua.

Babinsa Serma Sukirman mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang dengan kesadaran sendiri datang ke puskesmas dan bersedia diperiksa untuk dilakukan tes swab. “Dengan adanya tes swab ini, kami harapkan dapat mencegah penyebaran virus Korona lebih luas, paling tidak untuk meminimalisir penyebarannya,” tuturnya.

Sebagai Satgas penanganan Covid-19, PPKM Skala Mikro Desa Tanggeran, dirinya terus mengimbau seluruh warga untuk tetap patuh dan disiplin melaksanakan protokol kesehatan dalam kegiatan sehari-hari.

“Kalau semua warga disiplin prokes, kami yakin bisa memutus penyebaran virus ini,” katanya.

 

Reporter : Tyo

Editor : Drajat

Banyumas

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.