Awas, Pengguna Jalur Tol Siap Dikarantina Apabila Tak Lolos Swab

346 views

Batang,medianasional.id
Orang nomer satu di pemerintahan Provinsi Jawa Tengah Ganjar Pranowo, jelang lebaran antisipasi para pemudik melakukan pemantauan tes swab antigen secara drive thru yang dilaksanakan oleh tim Dokter Kesehatan (Dokkes) Polres Batang kepada sejumlah pengguna jalur tol.
Tim Dokkes Polres Batang, Polda Jawa Tengah menerapkan 3T yakni Testing (pemeriksaan dini), Tracing (pelacakan) dan Treatment (perawatan) memeriksa ketat kendaraan luar daerah.

Ganjar Pranowo, SH., MIP mengatakan, Apabila para pengendara yang keluar daerah membawa surat izin perjalanan dan mengantongi surat hasil tes, mereka dipersilakan untuk melanjutkan perjalanan ke tujuan, Namun ada beberapa yang saat ditanya tidak bisa menunjukkan hasil tes, maka langsung di tes di lokasi yakni proses tes swab antigen di Rest Area Km 379 A, Gringsing ruas tol Batang – Semarang, Selasa, (4/5/2021).

Selanjutnya, Ganjar menuturkan, Ini cara petugas gabungan baik aparat TNI-Polri bersama petugas kesehatan, mengetahui pengguna jalan yang dimungkinkan terindikasi Covid-19.

“Jika ada yang terindikasi, pihak Dokkes Polres Batang sudah menyiapkan ruang karantina. Setelah dilakukan tes PCR, kalau positif dilakukan perawatan khusus dan segera dikembalikan ke daerah asalnya,” Beber Ganjar.

Paur Dokkes Polres Batang, dr. Cipto Waluyo selaku Paur Dokter Kesehatan Polres Batang Polda Jawa Tengah menjelaskan, tes swab drive thru digelar sejak tanggal 2-5 Mei 2021. Guna mendukung langkah pengetatan perjalanan luar daerah sebelum diberlakukannya pelarangan mudik secara resmi mulai tanggal 6 hingga 17 Mei yang akan datang.

“ Alhamdulillah, dari 40 kendaraan yang terjaring,10 Kendaraan yang pengemudinya tidak membawa kelengkapan surat hasil tes swab, setelah di tes antigen kesemuanya hasilnya negatif,” Ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, Hasil pemeriksaan hari kemarin (3/5/2021), ada pengemudi asal Kota Tulungagung Jawa Timur, yang terindikasi. Maka dikarantina dan dilakukan tes PCR, karena yang bersangkutan tanpa gejala, segera dikembalikan ke daerah asalnya untuk isolasi mandiri. Selanjutnya, dari Dinkes Kabupaten Batang langsung berkoordinasi dengan Pemkab Tulungagung. #Pujileksono

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.