Upacara dan Ziarah Makam Pahlawan di Kepanjen Dalam Rangka Memperingati Hari Pahlawan

117 views

Peringatan Hari Pahlawan dengan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kepanjen.

Malang, medianasional.id – Rangkaian peringatan hari pahlawan diawali dengan upacara peringatan Hari Pahlawan di Lapangan Pendopo Kabupaten Malang Kecamatan Kepanjen, dan dilanjutkan dengan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kepanjen, Selasa (10/11/2020).

Inspektur upacara dipimpin langsung oleh Drs. Sjaichul Ghulam, MM selaku Pjs Bupati Malang dengan peserta Upacara terdiri dari TNI, POLRI, Instansi Pemerintahan, PNS Kabupaten Malang.

Upacara tersebut juga dihadiri AKBP Hendri Umar, S.I.K., M.H. (Kapolres Malang), Mayor Arh Joko Istianto (Kasdim Kodim 0818 / Malang – Batu mewakili Dandim 0818/Kab. Malang – Batu), Edi Handojo, S.H, M.H (Kajari Kab. Malang), Ronald Salnofri Bya, S.H., M.H (Ketua Pengadilan Negeri Kab. Malang), Sodikul Amin ( Plt Ketua DPRD Kab Malang), Wahyu Hidayat (Sekda Kab. Malang), Ketua dan Anggota Pepabri/LVRI sebanyak 10 orang, dan Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Malang.

Dengan tema hari pahlawan tahun 2020 yaitu ”Pahlawanku Sepanjang Masa“, pelaksanaan upacara bendera dan mengheningkan cipta secara serentak selama 60 detik untuk memperingati hari pahlawan 10 November 2020 dilakukan dengan khidmat, meskipun di tengah masa pandemi covid-19, tentunya dengan jumlah peserta yang terbatas dan disesuaikan dengan protokol kesehatan.

Dalam pembacaan Amanat Menteri Sosial RI oleh Inspektur Upacara oleh Drs. Sjaichul Ghulam, MM (Pjs. Bupati Malang), beliau menyampaikan perjuangan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi masyarakat untuk meneruskan perjuangan mereka.

“Kalau dulu kita berjuang dengan mengangkat senjata, maka sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa, seperti kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham- paham radikal, dan termasuk berjuang melawan pandemi COVID-19 yang saat ini melanda dunia,” terangnya.

“Mari tunjukkan kontribusi kita kepada bangsa dan negara dengan menjadi pahlawan masa kini yang memiliki empati untuk menolong sesama, saling menghargai dan menghormati satu sama lain,” jelasnya.

“Bangsa yang menghargai jasa pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar. Mari kita lanjutkan perjuangan para pahlawan dengan bersatu, bergotong royong mengisi kemerdekaan membangun bangsa dan negara,” tutupnya.

Reporter : nrt

Editor : Sunarto

DomaiNesia

Malang

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.