Personel Kodim 0703 Cilacap Ikuti Apel Gelar Pasukan Tanggap Bencana

146 views

Cilacap, medianasional.id – Personel Kodim 0703 Cilacap dibawah pimpinan Danramil Kapten Inf Joko Yunanto mengikuti kegiatan Apel Gelar Pasukan dan perlengkapan SAR tanggap darurat bencana alam (Banjir dan tanah longsor) tahun 2020 di wilayah Kabupaten Cilacap yang digelar Polres Cilacap, bertempat di Lapangan Sarja Arya Racana (SAR) Mapolres Cilacap Jl. Ir. H. Juanda No.18, Kelurahan Kebonmanis, Kecamatan Cilacap Utara, Kabupaten Cilacap, Selasa (27/10).

Tampak hadir dalam kegiatan, Ketua DPRD Kabupaten Cilacap Taufik Nurhidayat, Danlanal Cilacap Letkol Laut (P) Bambang Marwoto, PSC., M.S, Kapolres Cilacap AKBP Dery Agung Wijaya S.I.K.,S H,M.H, Danramil 18/ Cilut Kapten Inf. Joko Yunanto, Kasi Intel Kejari Cilacap D. Purnama, SH, Ka Basarnas Cilacap I Nyoman Sidakarya, BPBD Cilacap Drs Tri Komara, Dir. RSUD Cilacap Dr. Reza, Perwakilan Dishub Mugianto, DPUPRnRistyianto dan BMKG Taruna.

Kegiatan ini juga diikuti personel dari berbagai satuan dan instansi diantaranya Kodim 0703/Cilacap, Lanal Cilacap, Polres Cilacap, Polair Polres Cilacap, Gabungan UPT Kabupaten Cilacap, Gabungan Basarnas dan Kemenkes serta para Relawan yang berjumlah sekitar 150 orang.

Dalam kesempatan itu Kapolres menyampaikan, apel gelar pasukan tanggap bencana diselenggarakan di seluruh satuan kewilayahan dimaksudkan untuk menunjukkan kesiapan Polri dan instansi terkait dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi dan mengantisipasi apabila terjadi bencana, sehingha dapat segera diatasi degan cepat tepat dan komprehensif.

“Bencana yang terjadi di tanah air merupakan rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu aktivitas kehidupan masyarakat, baik yang disebabkan oleh faktor alam, non alam maupun akibat ulah manusia. Berbagai bencana tersebut telah mengakibatkan timbulnya korban jiwa, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis,” jelasnya.

Selain itu, bencana tersebut juga menimbulkan permasalahan lain seperti pemenuhan kebutuhan hidup bagi masyarakat pengungsi, kerawanan penyakit menular, serta masalah keamanan harta benda yang ditinggalkan para pengungsi.

“Mencermati hal tersebut, diperlukan langkah- langkah proaktif untuk membantu masyarakat yang terkena bencana,” tandasnya.

Sementara itu, Dandim 0703 Cilacap melalui Danramil Kapten Joko Yunanto menegaskan TNI dalam hal ini personel Kodim beserta jajaranya telah siap mendukung tanggap bencana dalam menghadapi potensi bencana di seluruh wilayah binaan.

“Beberapa wilayah kita, saat ini sudah ada yang terdampak bencana alam baik banjir maupaun tanah longsor, kita bergerak cepat untuk mengatasi bencana dan yang terpenting mengevakuasi korban bencana untuk menghindari kerugian personel. Dalam pelaksananya kita tidak sendiri namun melibatkan unsur TNI Polri, pemerintah, LSM, dan relawan di wilayah terkait,” tegasnya.

Reporter : Tyo

Editor : Drajat

DomaiNesia

Cilacap

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.