Mengurangi Pengangguran Dampak Covid-19, Pemkab Wonosobo Melaksanakan Program Padat Karya

187 views

Wonosobo, medianasional.id – Pemerintah Kabupaten Wonosobo melaksanakan Program padat karya dalam upaya membantu mengurangi pengangguran akibat Pandemi Covid-19. Dampak yang ditimbulkan sangatlah banyak salah satunya meningkatnya pengangguran berimbas pada menurunya sektor perekonomian.

Sumedi selaku Plt DPUPR Wonosobo melaporkan bahwa kegiatan ini mempunyai maksud memberikan penghasilan sementara bagi pekerja harian yang kehilangan pendapatan akibat pembatasan sosial ditengah pandemi. Adapun tujuan nya adalah memberikan tambahan penghasilan bagi masyarakat, meningkatkan daya beli serta menanggulangi dampak ekonomi.

Lebih lanjut disampaikan bahwa program ini, anggaran yang dikeluarkan sejumlah 3,5 M , dengan cakupan 60 Desa dan 8 kelurahan. Tenaga kerja yang bisa diserap sekitar 17.124 HOK ( Hari Orang Kerja).

Bidang sasaran yang dikerjakan meliputi pembangunan sumber daya air, galian saluran tanah drainase, perbaikan rolak jalan, galian /timbunan tanah pendukung kinerja jalan dan pembersihan sedimentasi saluran irigrasi.

Wakil Bupati Wonosobo, Agus Subagyo dalam sambutannya menyampaikan salah satu upaya pemerintah dalam menanggulangi dampak ekonomi yang disebabkan pandemi adalah, dengan penyelenggaraan progam Bantuan Tak Terduga (BTT) padat karya. Progam BTT Padat Karya ini merupakan Cash For Work Program, untuk memberikan penghasilan sementara bagi pekerja harian, yang kehilangan pendapatan akibat berbagai pembatasan sosial di tengah pandemi. Diharapkan pula, melalui program ini dapat membantu upaya mempertahankan perekonomian masyarakat, karena dampak pandemi covid-19.

Dalam kesempatan ini, Saya mengajak Ibu Bapak sekalian, untuk mendukung dan mensukseskan pelaksanaan kegiatan BTT Padat Karya Infrastruktur Bina Marga dan Sumber Daya Air ini. Kita semua disini punya peran atau andil atas keberhasilan progam tersebut. Tentunya dukungan yang kita berikan, kita sesuaikan dengan tugas dan peran kita masing-masing secara proporsional. Suksesnya progam ini, jadikanlah kebanggaan kita bersama, bukan milik golongan tertentu, bukan milik desa/kelurahan tertentu, maupun milik instansi tertentu. marilah kita jadikan momentum positif, untuk memulihkan perekonomian negeri ini. Niati kegiatan ini, sebagai bentuk pengabdian kita semua kepada warga masyarakat Wonosobo, dan niati pula sebagai amal ibadah kita.

Komandan Kodim Letkol Czi Wiwid Wahyu Hidayat saat meninjau sasaran padat karya bersama Forlominda menyampaikan dalam situasi seperti ini kita tidak boleh putus asa. Kita harus berkarya membangun negeri ini. Kita semua harus sadar, bahwa padat karya ini belum membantu sepenuhnya akan tetapi upaya pemerintah harus kita dukung bersama. Mengingat adanya keterbatasan anggaran sedangkan lokasi dan jumlah orang yang menganggur sangat banyak.

Dandim berpesan kepada para pekerja laksanakanlah dengan penuh rasa tanggung jawab. Bekerja seperti biasanya. Ikuti aturan yang ada. Sedangkan kepada penerima program padat karya agar hasilnya nanti supaya dirawat sebaik mungkin sehingga bisa memberikan manfaat yang lebih.

Reporter : Andika

Editor : Drajat

DomaiNesia

Wonosobo

Penulis: 
author

Posting Terkait

banner 468x60)

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.