Lonjakan Penumpang Pelabuhan Bakauheni Diprediksi Senin 30 Desember

413 views

 

Lampung Selatan, Medianasinal.id – Lonjakan penumpang libur panjang Hari Natal dan Tahun Baru 2020 (Nataru) di Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan diprediksi akan terjadi ada Senin (30/12/2019) dan Jum’at (3/01/2020).

Hal tersebut disampaikan Dirut PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi kepada awak media di ruang tunggu loket, saat meninjau loket pembelian tiket penumpang pejalan kaki di pelabuhan bakauheni. Jum’at (27/12/2019).

Menurut Ira Puspadewi, dibandingkan tahun lalu, tahun ini ada kenaikan lonjakan penumpang.

“Yang menarik sejak natal dan tahun baru ada pola yang berubah, karena selama ASDP beroperasi lonjakan terjadi kebanyakan dari pulau jawa lebih tinggi dari pada pulau sumatera. Akan tetapi sejak lebaran dan natal tahun ini, kita melihat bergeser. Karena lonjakan yang terjadi pada puncaknya dari sumatera ke pulau jawa,” katanya.

“Untuk tahun ini setelah menjelang natal, kita melihat ada peningkatan penumpang dari pulau Jawa ke Sumatera sekitar 10 persen, kalau dari Sumatera ke pulau Jawa mengalami kenaikan sekitar 19 persen,” ujarnya.

Jadi tentu saja, lanjut Ira Puspadewi, “kita ambil kesimpulan yang paling solid. Adanya jalan tol itu meningkatkan minat orang sumatera untuk ke pulau jawa bahkan pulau Bali. Karena saat risset dengan pengguna jasa dari palembang ke bakauheni hanya memakan waktu kurang lebih tiga setengah sampai empat jam. Padahal dulu sebelum adanya jalan tol bisa memakan waktu sepuluh sampai dua belas jam,” imbuhnya.

“Saya kira itu merupakan suatu fenomena yang positif dimana mobilitas orang jauh lebih mudah,” tambahnya.

Selain itu, Ira Puspadewi juga memperkirakan lonjakan penumpang libur panjang hari natal tahun 2019 dan tahun baru (Nataru) tahun 2020 akan terjadi Pada Senin (30/12/2019) dan Jum’at (3/01/2020).

Antisipasi lonjakan tersebut pihak ASDP sudah mempersiapkan beberapa hal, terutama operasional ketertiban jalur. Seperti jalur online dan jalur motor, baik yang menuju dermaga eksekutif ataupun yang reguler.

“Saya bersyukur dan berterima kasih kepada pengguna jasa karena sudah tertib dalam melakukan pengantrian, karena dimana-mana saat memasuki liburan yang namanya antri pasti ada,” tukasnya.

Usai meninjau loket pembelian tiket di dermaga reguler, Ira Puspadewi menuju dermaga eksekutif pelabuhan bakauheni melanjutkan tinjauannya. (Amin Padri/RZ)

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.