Kwarcab Banyumas Melantik 423 Pramuka Garuda

164 views

Banyumas, Medianasional.id – Ketua Kwarcab Banyumas Achmad Supartono melantik 423 Pramuka Garuda Selasa (22/12/2020). Mereka terdiri dari 403 Pramuka Penggalang, 12 Penegak dan 8 Pramuka Pandega. Pelantikan dilakukan secara virtual dengan diikuti oleh Sekretaris Kwarda Jawa Tengah Istajib serta Waka Binamuda Kwarnas Supriyadi.

Sementara itu perwakilan dari beberapa pangkalan mengikuti upacara pelantikan di Sanggar Bakti Pramuka Kwarcab Banyumas sebagai peserta simbolis.

Ketua Kwarcab Banyumas Drs Achmad Supartono MSi mengatakan, Pramuka Garuda yang dilantik dan dikukuhkan sebanyak 423 Pramuka yang terdiri dari 403 Pramuka penggalang, 12 pramuka penegak dan 8 pramuka pandega dari 30 Pangkalan di Kwarcab Banyumas. Pelantikan dilakukan dengan mematuhi protokol Kesehatan. Menurutnya Pramuka Garuda adalah tingkatan tertinggi pada jenjang Pramuka. Setelah melalui seleksi dan serangkaian tes wawancara dan tes kecakapan, mereka dinyatakan lulus.

“Setelah dilantik menjadi Pramuka Garuda mereka diharapkan menjadi tauladan untuk lingkungannya, baik lingkungan sekolah maupun tempat tinggal,” katanya.

Partono menambahkan bahwa pelantikan ini merupakan pelantikan sesi pertama, karena akan dilanjutkan dengan pelantikan kedua sebanyak 325 Pramuka Garuda golongan siaga yang berasal dari 13 Kwarran dan 88 pangkalan pada 30 Desember mendatang.

“Sebenarnya target kita tahun ini sebanyak 2000 Pramuka Garuda, namun karena adanya pandemi, kita hanya bisa mencetak 748 Pramuka Garuda, padahal tahun 2019 kita mampu melantik 1.968 Pramuka Garuda,” katanya.

Usai pelantikan Sekretaris Kwarda Jawa Tengah Istajib sempat menyapa secara daring beberapa perwakilan dari Kwarran. Ia minta penjelasan proses mereka bisa mencapai Pramuka Garuda.

Sementara itu Wakil Ketua Bidang Bina Muda Kwarnas Supriyadi mengatakan pelantikan Pramuka Garuda ditengah pandemi merupakan kegiatan luar biasa. Menurutnya langkah Banyumas bisa menjadi contoh oleh Kwarcab lain untuk berkegiatan.

“Semoga ini akan menjadi contoh baik untuk Kwarcab lain agar lahir Pramuka Garuda yang akan menjadi kader anak bangsa dan menjadi sumbang sih Pramuka dalam mendidik generasi muda,” katanya

Supriyadi menambahkan bahwa Kwarcab Pramuka Banyumas yang telah menunjukkan kerja kerasnya dalam membentuk karakter anak bangsa ini melalui Pramuka Garuda yang nantinya akan menjadi pemimpin dimasa depan.

“Dari pengamatan kami, Kwarcab Banyumas termasuk 10 kwarcab yang paling aktif di Indonesia,” katanya

Banyumas

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.