Koramil Sukoharjo Bersama Masyarakat Singkirkan Pohon Tumbang

111 views


Wonosobo, medianasional.id – Koramil 14/Sukoharjo Kodim 0707/Wonosobo melaksanakan karya bakti pembersihan pohon duku yang roboh menutup akses jalan. Kejadian pohon duku tumbang pada hari Sabtu 9 Januari 2021 pukul 16.00 di perbatasan Desa Karanganyar dengan Desa Plodongan Sukoharjo yang menutup jalur Karanganyar – Plodongan, memutus jaringan listrik dan Telkom. Tumbangnya pohon duku akibat hujan deras. Karena kejadian sore dan cuaca mulai gelap maka karya bakti pembersihan pohon tumbang dilanjutkan hari ini. (10/1)

Pelda Mulyono yang terjun langsung ke lokasi mengatakan “kita bersyukur tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, dan yang perlu diperhatikan, masyarakat harus lebih waspada lagi terhadap perubahan cuaca yang terjadi, untuk menghindari adanya korban jiwa.” Ungkapnya.
Setelah koordinasi dengan Kades Karanganyar dan Kades Plodongan pembesihan pohon tumbang akhirnya bersama – sama dengan warga berhasil menyingkarkan pohon sehingga jalan bisa dilalui kembali kendaraan roda 2 maupun roda 4.

Danramil 14/Sukoharjo, Kapten Arm Listiyono menambahkan bahwa sekarang ini perubahan iklim maupun cuaca sulit kita prediksi, sehingga kewaspadaan masyarakat dan aparat pemerintah harus lebih peka lagi. Masyarakat harus lebih peduli dan melaporkan titik-titik rawan mana saja yang sekiranya dapat membahayahan, untuk dapat di ambil tindakan oleh pihak pihak yang berkopenten.

Lanjut disampaikan Danramil, Saya berterima kasih kepada masyarakat yang melaporkan kejadian ini sehingga dapat dengan cepat kita ambil langkah bersama sama dengan masyarakat bahu membahu membersihkan pohon yang tumbang sahingga aktifitas masyarakat dan pengguna jalan pada umumnya tidak terganggu dengan kejadian ini . Dengan kecepatan penanganan bencana seperti ini kerugian akan dapat diminimalisir, paling tidak lalu lintas bisa kembali berjalan normal seperti sedia kala, pungkasnya.

Kades Karanganyar Budi Raharjo mengucapkan banyak terima kasih kepada Koramil 14/Sukoharjo yang telah memerintahkan anggotanya bersama – sama masyarakat menyingkarkan pohon tumbang. Berkat dorongan dan keterlibatan secara langsung proses pembersihan bisa berjalan dengan cepat.

Kades Karanganya melaporkan bahwa penyebab terjadinya pohon tumbang diakibatkan karena pohon sudah tua, dan ditambah hujan deras disertai angin kencang sehingga pohon tidak kuat menahan terjangan hujan dan angin tersebut sehingga menyebabkan tumbang menutup akses jalan. Dengan adanya ini Kades sudah memerintahkan kepada masyarakat untuk memantau pohon yang sudah tua agar segera ditebang dengan harapan kejadian seperti ini tidak terulang kembali.

Reporter : Andika

Editor : Tyo

DomaiNesia

Wonosobo

Penulis: 
author

Posting Terkait

banner 468x60)

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.