Koramil Kepil Bantu Pembersihan Saluran Sibungkang

78 views

Wonosobo, medianasional.id – Babinsa Kepil Serka Bangun Widodo bersama anggota Koramil mengajak Kelompok Tani Ngudi Raharjo dan masyarakat untuk bersama – sama membersihkan saluran irigasi Sibungkang Kepil. Dalam Karya Bakti ini melibatkan petugas dari Kabupaten, Kecamatan dan kelurahan Kepil. (7/1)

Dalam kesempatan tersebut Serka Bangun Widodo menyampaiakan bahwa dilaksanakan pembersihan saluran ini banyak manfaatnya seperti saluran menjadi lancar, karena tidak ada yang menghambat lajunya air. Apalagi saat ini sedang musim hujan jika ada sumbatan bisa mengakibatkan banjir. Jika itu terjadi maka kerugian akan semakin banyak.
Dengan dibersihkannya saluran maka debit air akan semakin besar sehingga bisa mencukupi kebutuhan air untuk mengairi sawah pertanian, kolam ikan dan sebagainya. Sebab sambah dan sedimentasi dibersihkan membuat air yang masuk semakin banyak. Dan juga dengan saluran bersih akan kelihatan bagian saluran yang rusak menyebabkan kebocoran. Dengan adanya pembersihan juga memperpanjang usia pakai saluran irigrasi. Ditambah lagi air lancar maka hasil pertanian dan perikanan akan meningkat.

Untuk itu, pada kesempatan ini saya menghimbau kepada masyarakat agar benar-benar peduli terhadap kondisi di sekitarnya. Sekiranya ada saluran air yang mengalami pendangkalan atau penyumbatan segera dilaksanakan kerja bakti. Kalau memang membutuhkan tenaga TNI, silahkan koordinasikan dengan Koramil. Demikian penyampaian Babinsa Kepil Serka Bangun Widodo.

Ketua Gapoktan Ngudi Raharjo Kelurahan Kepil Muhson mengucapkan banyak terima aksih kepada Koramil Kepil yang telah membantu membersihkan saluran irigasi Sibungkang. Dengan adanya kehadiran para Banbinsa masyarakat semakin semangat dalam bekerja sehingga untuk kegiatan karya bakti kali ini bisa membersihkan salauran sepanjang 1,5 Km.

Lebih lanjut disampaikan oleh ketua Gapoktan bahwa saluran ini bisa mengaliri kurang lebih 75 ha sawah. Itu semua berkat adanya ajakan dari Babinsa untuk bersama – sama menjaga saluran irigrasi.

Reporter : Andika

Editor : Tyo

 

DomaiNesia

Wonosobo

Penulis: 
author

Posting Terkait

banner 468x60)

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.