Kodim 0701 Latih Dasar Kedisiplinan Satpol PP Banyumas Guna Mendukung Pelaksanaan Tugas

96 views

Banyumas, Medianasional.id – Sebagai upaya optimalisasi penegakan peraturan daerah, maka Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Banyumas merencanakan untuk melakukan penguatan kemampuan personilnya melalui latihan dasar kedisiplinan.

Kodim 0701/Banyumas pada hari Jum’at (08/01/2021) pagi tadi memberikan pelatihan dasar kedisiplinan kepada anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Banyumas di bumi perkemahan Kendalisada Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas. Dalam latihan tersebut diikuti oleh 30 anggota Satpol PP dengan pimpinan pelatih adalah Kapten Inf Putut Widodo, Pasiter Kodim 0701/Banyumas yang di damping oleh beberapa anggota Kodim.

Kegiatan pelatihan ini memberikan materi yang berupa, PBB (Peraturan Baris Berbaris), bela negara, outbond, ketahanan mars dan dasar kedisiplinan dengan tujuan untuk melatih disiplin dan jiwa korsa bagi satpol PP sehingga dapat optimal dalam melaksanakan tugas.

Komandan Kodim 0701/Banyumas Letkol Inf Candra S.E.,M.I.Pol mengatakan bahwa tujuan dilaksanakan latihan kali ini untuk peningkatan kemampuan personil Satpol PP dalam hal kesiapsiagaan membantu Polri dalam menjaga Kamtibmas yang ada diwilayah Kabupaten Banyumas serta membantu menanggulangi bencana yang sewaktu-waktu terjadi.

Dengan begitu personil akan tahu bagaimana menjalankan tugas dengan kondisi dilapangan apabila terjadi konflik dan lain sebagainya. Pelatihan ini juga untuk merubah mental dan perilaku anggota satpol PP yang selama ini tidak disiplin menjadi disiplin dan taat apabila menjalankan tugas sehari-hari.

Satpol PP mempunyai tugas pokok memelihara dan menyelenggarakan ketertiban umum, perlindungan masyarakat, menegakan Peraturan Daerah, Peraturan Bupati dan Keputusan Bupati, jadi pelatihan ini sangat bermanfaat sekali dalam menghadapi tugas sehari-hari, serta menggugah pentingnya kerjasama dari semua pihak dalam melaksanakan tugas.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Satpol PP Kabupaten Banyumas, Eko Heru Surono, S. Sos mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik pelaksanaan latihan ini. Dirinya mengatakan bahwa dalam pelaksanaan tugas dilapangan anggota Satpol PP memang sering bersentuhan langsung dengan masyarakat, khususnya para Pedagang Kaki Lima (PKL) yang ada diwilayah Banyumas serta selalu terlibat dalam melaksanakan operasi masker bersama jajaran TNI dan Polri.

Latihan dasar kedislipinan tersebut, juga sesuai dengan keinginan Bupati Kabupaten Banyumas Ir. H. Ahmad Husaen, bahwa anggota Satpol PP dapat dilatih untuk mendisiplinkan personilnya dalam bertugas maupun dalam kehidupan sehari-hari di tempat tinggalnya.

“Terima kasih kepada Kodim 0701/Banyumas yang telah memberikan pelatihan kepada anggota kami. Pelatihan ini sangat berguna bagi tugas kami dilapangan,” pungkas Kasat Pol PP.

Reporter : Asep Setiawan

Editor : Drajat

DomaiNesia

Banyumas

Penulis: 
author

Posting Terkait

banner 468x60)

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.