Jaga Kebugaran Ditengah Pandemi Covid-19, Koramil Tambak – Satpol PP Olahraga Bersama

81 views

Banyumas, Medianasional.id – Berbagai studi menunjukkan bahwa olahraga bdapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, terdapat sejumlah kriteria olahraga yang baik dilakukan untuk menjaga atau bahkan meningkatkan sistem imunitas tubuh. Frekuensi, durasi, konsistensi, dan jenis olahraga memainkan peranan penting untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Imunitas tubuh yang kuat akan membantu melindungi tubuh dari serangan virus dan penyakit.

Untuk itu guna menjaga kebugaran fisik menghadapi Pandemi Covid-19 serta untuk kesiapsiagaan dalam menjalankan tugas sehari-hari, anggota Koramil 12/Tambak bersama anggota Satpol PP Kec. Tambak melaksanakan olahraga di bersama menempuh jarak 4 km, start di Koramil 12/Tambak-desa Karangpucung dan finish di halaman Makoramil Tambak, Kamis (07/01/2021).

Berbagai upaya pembinaan terus dilakukan oleh anggota Koramil 12/Tambak dalam meningkatkan daya tahan tubuh dengan menjaga kebugaran fisik dan stamina. Salah satunya melalui olah raga lari selama 30 menit dengan jangkauan atau jarak tempuh 4.000 meter dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan guna pencegahan penyebaran virus corona dengan melaksanakan physical distancing dan menggunakan masker.

Dandim 0701/Banyumas Letkol Inf Candra S.E.,M.I.Pol melalui Danramil 12/Tambak Kapten Cba Ahmad Mansur mengatakan bahwa menjaga kebugaran tubuh adalah menjadi tanggung jawab diri sendiri apalagi ditengah pandemic Covid-19 saat sekarang ini, jadi saya tekankan kepada seluruh anggota untuk rutin berolahraga setiap hari disamping untuk menjaga kesehatan diri juga untuk menjaga kesiapsiagaan dalam melaksanakan tugas.

Berolahraga terlalu lama justru tidak baik untuk kekebalan tubuh. Begitu pula sebaliknya, berolahraga terlalu sedikit tidak dapat memacu sistem imun. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan, olahraga optimal hingga 300 menit per minggu atau sekitar 30 menit hingga 60 menit setiap hari.

Intensitas adalah kekuatan olahraga dalam memacu jantung. Intensitas olahraga yang disarankan adalah sedang ke berat. Semakin jantung berdetak dengan cepat atau semakin terengah-engah, semakin tinggi intensitas olahraga yang dilakukan menyesuaikan dengan kesanggupan diri.

Untuk melakukan olahraga jenis aerobik atau olahraga yang memacu detak jantung. Banyak penelitian membuktikan olahraga aerobik baik untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Beberapa contoh olahraga aerobik adalah berjalan, berlari, bersepeda, dan berenang.

Konsistensi memainkan peran penting untuk menjaga sistem imunitas tubuh. Olahraga yang dilakukan secara rutin lebih ampuh meningkatkan sistem imun tubuh ketimbang olahraga yang hanya dilakukan sesekali saja.

Sebelum melaksanakan rutinitas olah raga harus di dahului dengan senam pemanasan terlebih dahulu agar terhindar dari kram saat berolahraga serta pengecekan kondisi tubuh berupa pemeriksaan tensi yang bertujuan untuk mengantisipasi terjadi hal yang tidak diinginkan, apabila hasil tensi rendah ataupun tinggi maka yang bersangkutan tidak boleh melaksanakan olahraga yang berlebihan, pungkas Danramil.

Reporter : Asep Setiawan

Editor : Drajat

DomaiNesia

Banyumas

Penulis: 
author

Posting Terkait

banner 468x60)

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.