Info Terkini Perkembangan Covid 19 di Kabupaten Bungo per tanggal 10 Agustus 2020

1165 views

Bungo, medianasional.id – Tim Gugus Tugas percepatan penanganan Covid 19 kabupaten Bungo kembali mengadakan konferensi pers setelah ada perkembangan baru mengenai 2 kasus positif hasil TCM RSUD Hanafie Muarabungo yang diadakan di Wisma Alisudin, Senin (10/08/2020).

Melalui juru bicara Covid 19 kabupaten Bungo Dr Safaruddin Matondang mengatakan untuk saat ini, pada tanggal 3 Agustus kemaren kita mendapatkan kasus dengan status OTG(orang tanpa gejala) setelah kita lakukan rapid test massal waktu itu ditempat kerja beliau dan ternyata 1 orang reaktif langsung kita lakukan pcr ke Jambi melalui pemeriksaan di balai POM dan hasilnya positif itu pada tanggal 3 Agustushasilnya keluar hasilnya tanggal 7 Agustus.

“Kemudian kita dilakukan lagi tracking, dan hari ini juga kita lakukan pcr terhadap Tuan A yang berdomisili di kecamatan pasar Muarabungo kembali di RSUD karena kita sudah mempunyai peralatan TCM hasilnya sudah negatif namun tetap akan kita lakukan TCM lagi sepuluh hari kedepan kemudian, karena yang bersangkutan tidak ada gejala dan pasien ini telah melakukan isolasi mandiri,” katanya.

Dan tadi dapat lagi informasi bahwa ada lagi kasus perempuan inisial Nyonya D umur 54 tahun sepulang dari Palembang keduanya memang dari Palembang namun lain kepentingan, dengan keluhan batuk, demam dan dilakukan TCM oleh pihak rumah sakit dan hasilnya positif dan sekarang dirawat di ruang isolasi oleh DPJP dr Susi Arwati sepesialis penyakit dalam dan bisa juga dirawat bersama dengan DPJP penyakit paru,” terangnya.

Safaruddin juga mengatakan karena kondisi pasien sekarang ini tidak begitu banyak gejala karena yang tadinya demam sekarang tidak lagi demam.

Jadi untuk kasus yang pertama tadi sudah kita lakukan tracking tadi sebanyak 15 orang yang kontak dengan pasien tersebut, dan kita tinggal menunggu hasilnya belum kita dapat informasi dari rekan rekan Dinas kesehatan,” tambahnya.

Kemudian untuk kasus nyoya D besok akan kita lakukan tracking seluas-luasnya dan keluarganya tadi sudah meminta untuk di lakukan tracking,” tuturnya.

Dr Safaruddin Matondang juga mengatakan yang jelas kita ini belum habis masa pandemi. jadi kami menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap selalu menggunakan masker, selalu menjaga jarak, hindari kerumunan, selalu mencuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir kemudian selalu memeriksa kesehatan ke petugas kesehatan dan apabila ada keluarga yang baru pulang dari luar kota segera melaporkan ke petugas kesehatan setempat agar kita cepat melakukan pemeriksaan terhadap masyarakat tersebut,” himbaunya.

Dr Safaruddin Matondang juga menerangkan bahwa untuk pemeriksaan Covid 19 ini ada tiga cara yang pertama dengan Rapid test, tapi Rapid test harus dilanjutkan dengan pemeriksaan PCR, yang kedua melalui PCR dan pakai alat TCM dan TCM ini sudah hampir sama dengan PCR dan alat yang sudah kita punya di RSUD adalah TCM, Alhamdulillah kalau akurasinya sudah cukup baik, namun kita tetap memohon hasil uji validasi dengan pusat,” tutup Safaruddin Matondang selaku juru bicara percepatan penanganan Covid 19 kabupaten Bungo. (fa)

DomaiNesia

Bungo

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.