Hari ke-4 Diklat Pemberdayaan Masyarakat, Ini Materi yang Diberikan Babinsa

230 views

Cilacap, medianasional.id – Kegiatan Pendidikan Latihan (Diklat) Pemberdayaan Masyarakat angkatan ke 6 tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Politeknik Penerbangan Indonesia Curug telah masuki hari-4.

Kegiatan tersebut mendapat pembekalan dari TNI dari Koramil 02 Jeruklegi, Kodim 0703 Cilacap. Bertindak selaku Tim Pelatih Danramil Jeruklegi Kapten Inf Taryun dengan instruktur Bati Tuud Pelda Ismanto dan Babinsa Serka Yatiman, Kamis (5/11).

Bertempat di Komplek Bandara Tunggul Wulung Cilacap, memasuki hari ke-4, kegiatan diawali dengan apel pagi yang dipimpin pelatih dari TNI dalam hal ini Kapten Inf Taryun, dilanjutkan dengan latihan baris-berbaris (PBB) dan senam militer yang dipandu oleh para instruktur.

Dalam kesempatan itu, Danramil mengatakan kegiatan pembekalan yang bersifat mendasar ini, sangat penting bagi pembentukan karakter para peserta yang nantinya akan menjadi bekal ditempat dimana mereka bekerja.

“Untuk itulah peran kita disini, sebagai unsur TNI untuk memberikan ilmu dan pengalaman guna membentuk sikap dan karakter pribadi yang disiplin dan apa yang telah kami berikan hendaknya dapat memberi perubahan yang nantinya dapat dilihat secara langsung usai latihan ini,” katanya.

Beberapa materi pokok terkait bidang penerbangan berupa kegiatan pratek lapangan tentang cara penanganan dan pencegahan bahaya kebakaran serta Penggunaan Alat Peralatan Pemadam di Area PKPPK (Pertolongan Kecelakaan Penerbang Pemadam dan Kebakaran) di komplek Bandar Udara Tunggul Wulung Cilacap.

Bertindak selaku pembawa materi personil Politeknik Penerbangan Indonesia Curug Muh.Khaeril, dalam kegiatan ini mereka belajar bagaimana menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) Portable yang benar.

“Materi yang terkait bagaimana cara mananangani kebakaran dalam penerbangan, tentunya tak terlepas dari pengetahuan yang benar tentang prosedur penanganan kebakaran, bagaimana penggunan APD (Alat Pelindung Diri) yang benar. Selain itu mengetahui media lain yang dapat digunakan dalam keadaan darurat seperti drum dan karung goni serta pengetahuan tentang premium dan Oil,” jelas Muh.Khaeril.

Reporter : Tyo

Editor : Drajat

DomaiNesia

Cilacap

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.