Bupati Kebumen Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Candi 2021

661 views

Kebumen, medianasional.id – Apel Gelar Pasukan menandai dimulainya Operasi Keselamatan Candi 2021 di wilayah hukum Polres Kebumen. Apel yang dilaksanakan di halaman Mapolres Kebumen tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Kebumen Arif Sugiyanto bersama Kapolres Kebumen AKBP Piter Yonattama dan Komandan Kodim 0709 Kebumen Letkol Kav MS. Prawira Negara Matondang.

Meski diguyur hujan, namun acara tetap berlangsung lancar, dan dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat. Senin 12 April 2021. Apel diikuti personel TNI, Polri dan Satpol PP Kebumen.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Kebumen membacakan Sambutan tertulis Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi yang menyampaikan kegiatan dilaksanakan dengan tema “Kita Wujudkan Kamseltibcarlantas yang mantap dan pencegahan penyebaran covid19 dengan meningkatkan disiplin protokol kesehatan serta tidak melaksanakan mudik lebaran tahun 2021”.

Operasi bertujuan untuk mengedukasi masyarakat terkait larangan mudik pada lebaran, dan sekaligus untuk meningkatkan kepatuhan disiplin masyarakat terhadap protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran virus covid-19 serta tertib berlalu lintas dan menurunkan angka kecelakaan lalu lintas.

Sesuai dengan perintah dari Mabes Polri, Operasi ditengah situasi pandemi covid-19, ditiadakan penindakan sehingga untuk data jumlah pelanggaran lalu lintas berupa tilang dan teguran pada Tahun 2019 dan 2020 nihil. Sedangkan jumlah kecelakaan lalu lintas Tahun 2019 sejumlah 423 kejadian. Sementara di Tahun 2020 sejumlah 365 kejadian atau ada penurunan Trend (13,7%).

Adapun korban meninggal dunia di tahun 2019 sejumlah 31 orang dan pada tahun 2020 sejumlah 19 orang atau ada penurunan Trend (38,7%). Kemudian korban luka berat tahun 2019 sejumlah 22 orang dan pada tahun 2020 sejumlah 5 orang atau ada penurunan Trend (77,2%). Korban luka ringaN tahun 2019 sejumlah 506 orang dan pada tahun 2020 sejumlah 442 orang atau ada kenaikan Trend 5 (12,6%).

Operasi ini akan berlangsung selama Bulan Ramadhan yaitu pada 12 April sampai 25 April 2021, dengan menyasar kepada masyarakat umum, khususnya masyarakat yang menggunakan Transportasi publik.

Guna meningkatkan kepatuhan protokol kesehatan, nantinya kepolisian akan memadukan operasi keselamatan dalam berlalu lintas dengan kampanye kepatuhan protokol kesehatan. Kampanye ini akan berbentuk 6 aksi membagikan masker dan hal-hal yang berkaitan dengan protokol kesehatan covid-19.

Adanya Operasi ini Bupati menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu mematuhinya. Agar proses pelaksanaan ibadah Puasa di Bulan Suci Ramadan berjalan lancar. Terlebih pandemi covid 19 saat ini belum usai. Untuk itu masyarakat diminta jangan sampai euphoria apa lagi menyepelekannya.

‘’ Melalui kegiatan ini Kami imbau masyarakat selama Ramadan ibadah Sholat Taraweh di izinkan, dengan catatan harus mematuhi protokol kesehatan. Tapi untuk mudik tetap dilarang, ini sesuai anjuran pemerintah pusat,’’ ucap Bupati disela sela kegiatan Apel.

Sementara ini Kapolres Kebumen menjelaskan Operasi ini merupakan bagian dari sosialisasi yang dilakukan secara humanis dan persuasif. Untuk itu kepada seluruh masyarakat diminta agar dapat mematuhinya, terutama penerapan protokol kesehatan saat melaksanakan ibadah Sholat Taraweh nanti.

Selain itu Kapolres juga mengatakan bahwa sesuai intruksi pusat, masyarakat dilarang melakukan mudik saat lebaran nanti. Jika ada yang memaksa melakukan mudik, maka ada sanksi tegas dari petugas.

‘’ Polres Kebumen akan mendirikan posko disejumlah titik untuk memantau kendaraan yang masuk di wilayah Kebumen. Jadi ketika ada kendaraan dari luar kita lakukan pengecekan dan pendataan,’’ ungkapnya.

 

Reporter : Tyo

Editor : Drajat

Kebumen

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.