Buka Kursus Orientasi Kepramukaan Prasiaga, Winarni Harap Tendik PAUD Dapat Didik Karakter Anak Dengan Mengedepankan Disiplin dan Etika

86 views

Lampung Selatan, Medianasional.id — Bunda PAUD Lampung Selatan, Hj. Winarni Nanang Ermanto membuka kegiatan kursus orientasi kepramukaan prasiaga bagi pendidik dan tenaga kependidikan PAUD Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) di Aula Rajabasa Kantor Bupati Lamsel, Senin (14/9/2020).

Pada pelaksanaannya kursus orientasi gerakan pramuka yang dilaksanakan sejak tanggal 14-16 September 2020 itu, dimaksudkan untuk melatih para tenaga pendidik (Tendik) dalam mendidik karakter dan mental anak sejak dini dengan mengedepankan disiplin dan etika.

Kedepan, diharapkan para tendik dapat menerapkan ilmu yang didapat kepada anak didiknya, sehingga dapat menjadi penerus yang handal dan menjadi salah satu kunci dalam mengantisipasi pengaruh negatif terhadap kemajuan teknologi informasi di masa yang akan datang.

Turut hadir, Ketua Harian Mabicab Gerakan Pramuka Lampung Selatan, Thamrin, S.Sos, M.M, Asisten Bid. Pemerintahan dan Kesera, Suprianto, S.Sos, M.M, Kadis Pendidikan, Thomas Amirico, Ketua DWP Lamsel, Yani Thamrin, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Lamsel, Kakak Sukadi, MS, S.Pd, Ketua Himpaudi Lamsel, Dyah Atik Citra Rukmi dan Para Organisasi Mitra PAUD Se-Lamsel.

Pada kesempatan itu, Bunda PAUD Lamsel, Winarni mengatakan, ”Pembentukan karakter pada usia dini dapat dilakukan melalui pendekatan kepramukaan terhadap anak usia dini dalam bentuk Prasiaga. Pengorganisasian prasiaga dalam rangka penguatan pendidikan karakter bagi anak usia dini, sekaligus menguatkan cinta tanah air, bangsa dan bahasa Indonesia sejak dini,” Ucapnya.

Winarni Juga berharap dengan diselenggarakannya orientasi kepramukaan prasiaga pendidik dan tenaga kependidikan PAUD Lampung Selatan dapat mewujudkan anak-anak usia dini menjadi warga negara Indonesia yang tangguh dan berbakti pada nusa dan bangsa.

“Semoga ilmunya dapat diserap dan diterapkan kepada anak didik bapak/ibu semua, tetap semangat para bunda tendik untuk masa depan anak-anak bangsa ini,” Pungkasnya.

Dikesempatan yang sama, Ketua Harian, Thamrin mewakili ketua Mabicab Gerakan Pramuka Lamsel, H. Nanang Ermanto mengatakan dalam sambutannya agar seluruh Tendik mengikuti kursus terserbut dengan sungguh-sungguh sehingga dapat memahami bagaimana meningkatkan serta menanamkan pendidikan karakter pada anak usia dini.

“Saya harap seluruh peserta dapat mengikuti kursus ini dengan sungguh-sungguh, shingga tenaga pendidik dan tenaga kependidikan PAUD dapat memahami bagaimana meningkatkan serta menanamkan pendidikan karakter pada anak usia dini,” Ujarnya.

“Saya juga berharap para tenaga kependidikan PAUD dapat membangun pondasi kuat terkait karakter pada anak usia dini, seperti karakter positif, budi pekerti luhur dan nilai moral, sehingga ke depan selain mempunyai karakter positif yang bagus, moral anak-anak usia dini juga sudah siap untuk berkompetisi,” Ucapnya, membacakan sambutan tertulis Ketua Mabicab/Bupati Lamsel.

Thamrin juga mengimbau kepada seluruh peserta dapat selalu menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dan ikut membantu pemerintah daerah dalam menyuarakan protokol kesehatan Covid-19 kepada masyakarat.

Sementara itu, Ketua Himpaudi Lamsel, Dyah Atik mengarapkan dengan diadakannya kegiatan kursus orientasi tersebut dapat membuat Para Tendik PAUD memiliki ilmu dan mental yang kuat dalam menghadapi kondisi apapun.

“Saya berharap kegiatan ini dapat menguatkan Tendik PAUD agar mempunyai daya lenting yang kuat dalam kondisi apapun, mari kita ikuti kegiatan ini dengan serius,” ujarnya.

Senada dengan Dyah, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Lamsel, Sukade mengatakan para tendik tetap semangat dan dapat menguasai materi yang akan diberikan.

“Tetap semangat untuk para tendik peserta kursus orientasi, kepada kakak (Narasumber), kami mohon gemblengan-gemblengannya agar para tendik menjadi lebih kuat,” pungkasnya.

Setelah kegiatan dibuka secara resmi, acara dilanjutkan dengan pemberian kartu peserta secara simbolis oleh Bunda PAUD dan Ketua Harian Mabicab, Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi kepada peserta orientasi. (Amin Padri/Rk)

Editor : Putri

DomaiNesia

Lampung Selatan

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.