Batu Si Pengilon Tambahrejo Bandar, Banyak Dikunjungi Warga Luar Batang

1213 views

Batang, medianasional.id
Walau belum di teliti oleh para ahli purbakala, Warga dukuh Sidokerso Desa Tambahrejo, Kecamatan Bandar Kabupaten Batang sering melihat orang yang datang tidak hanya warga lokal saja, namun orang dari tetangga Kabupaten Batang pun sengaja datang kelokasi BATU SI PENGILON.

Menurut Ketua RT Dukuh Sidokerso Sumarjo (47) menuturkan, Warga sering menyebutnya dengan nama BATU SI PENGILON yakni sebuah batu persegi empat di tengahnya terdapat lubang tidak tembus, didalam lubang tersebut sering berisi air dan masyarakat sekitar sering ngalap barkah dari air tersebut untuk pengobatan. Batu Pengilon (Batu / Yoni) merupakan peninggalan masa lalu, Bila diperhatikan batu ini seperti ” UMPAK “. Umpak merupakan dasar atau alas penyangga tiang, kalau orang jawa menyebutnya dengan kata ” SOKO” sebelum membuat suatu bangunan.


Konon ceritanya pada jaman dahulu yoni ini dapat menampung air di lubang batu walau dimusim kemarau sekalipun, sehingga air yang tertampung dapat memantulkan bayangan seperti cermin, sehingga seringkali disebut Batu Si Pengilon. Lokasi tersebut berada di tanah bengkok desa (Warga menyebutnya bengkok Si Pengilon yang berada di Dukuh Sidokerso ).

” Batu Pengilon ini lama tidak terawat, Semenjak Kepala Desa Ghofar Ismail menjabat akses jalan walaupun setapak mulai di benahi hingga warga yang akan melihat batu tersebut lebih mudah,” Ungkap Sumarjo. Rabu, (14/4/2021).

Kepala Desa Tambahrejo Ghofar Ismail menuturkan, Bahwa batu si pengilon dipercaya masyarakat sekitar dan masyarakat luar desa Tambahrejo air yang berada di dalam lobang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit. Tidak hanya air yang ada dilobang batu saja, banyak warga datang dari luar kecamatan Bandar pun sengaja datang untuk ngaji dan bersholawat, terkadang warga dari luar daerah pun sengaja datang untuk melihat batunya saja.


Ia juga mengatakan, Walaupun belum ada penelitian dari arkeolog terkait umur batunya, namun kita berusaha menjaga peninggalan masa lampau yang ada di Desa Tambahrejo. Semoga situs BATU SI PENGILON ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata unggulan kedepanya.

” Semoga kedepan BATU SI PENGILON bisa menjadi wisata religi maupun wisata Cagar Budaya yang dimiliki Desa Tambahrejo, ” Pungkasnya.

Reporter : Puji Leksono.

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.