Balita di Desa Pageralang Kembali Ikuti Posyandu

145 views

Banyumas, medianasional.id – Sempat terhenti karena adanya Pandemi Covid-19 sejak Maret akhirnya kegiatan Posyandu kembali diaktifkan. Puluhan balita kembali mengikuti timbang badan dan konsultasi kesehatan dengan Bidan Desa dan Petugas kesehatan dari Puskesmas 2 Kecamatan Kemranjen.

Bahkan Puskesmas 2 Kemranjen menjadwalkan pembukaan Posyandu secara serentak di beberapa desa di wilayahnya. Untuk kegiatan Posyandu kali ini meliputi Desa Grujugan, Desa Pageralang, Desa Sidamulya, Desa kebarongan, Desa Nusamangir dan Desa Sirau.

Bidan Desa Pagelarang Mifki Susanti, Amd menjelaskan bahwa hari Rabu (05/08/2020) ini, Posyandu serentak di desanya, yang melibatkan bidan Puskesmas dan petugas lain dari Puskesmas dan bidan desa di masing masing desa dan para kader.

“Posyandu di Desa Pageralang ada 17 pos, ini pos ke 1 di Rw 01, masih ada 16 Posyandu lainnya yang menggelar kegiatan yang sama. Pos 1 ini ada 60 bayi dan balita, jumlah keseluruhan di desa Pageralang ada 780 bayi dan balita,” katanya.

Milki menambahkan mengingat masa pandemi penimbangan dengan mengunalan protokol kesehatan dan dilaksanakan diluar ruangan. Selain penimbangan juga dilakukan imunisasi dan pemberian vitamin untuk bayi dan balita.

“Pemberian vitamin ini yang berwarna biru di berikan ke balita usia 06-11 bulan, vitamin yang berwarna merah di berikan untuk usia 01-06 tahun. Kalo obat cacing usia 01-02tahun di berikan setengah tablet, untuk 2-5tahun 1 tablet,” tambahnya

Vitamin A boleh langsung di minum kan ke balita sesampainya di rumah sedangkan untuk obat cacing di minumnya malam hari sebelum tidur dan jika lupa bisa hari berikutnya.

“Yang penting ini bulan Agustus dimulai Posyandu sekaligus pemberian vitamin A buat balita dan pemberian tablet penambah darah untuk ibu hamil, ibu nifas dan ibu menyusui sekaligus dilakukan penyuluhan new normal,” pungkas Bidan Desa Pageralang.

Kontributor : Parsito

Editor : Drajat

 

DomaiNesia

Banyumas

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.