Ajakan Dandim Cilacap Pada Peringatan HUT Kemerdekaan RI yang ke 75

147 views

Cilacap, medianasional.id – Peringatan HUT RI Ke 75 tahun 2020 berbeda suasananya dengan tahun-tahun sebelumnya, karena berada pada masa pandemi Covid-19. Di dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19, maka upacara bendera peringatan HUT RI ke 75 tahun 2020 hanya dilakukan di Tingkat Pusat (Istana Negara), Kantor Pewakilan RI di Luar Negeri, dan Tingkat Daerah (Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota).

Seperti halnya di wilayah Kabupaten Cilacap, Pemerintah Daerah Kabupaten Cilacap menggelar Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 75 tahun 2020 di halaman Pendopo Kabupaten Cilacap yang di hadiri oleh segenap unsur Forkopimda dan Para Pejabat di lingkungan Pemda, TNI dan POLRI Kabupaten Cilacap, Senin (17/8/2020).

Dengan tema Indonesia Maju yang merupakan sebuah representasi dari Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara atau sebuah simbolisasi dari Indonesia yang mampu untuk memperkokoh kedaulatan, persatuan, dan kesatuan Indonesia. Menjadikan tema tersebut simbol ajakan agar masyarakat Indonesia mau fokus bersama ke hal-hal penting dalam menyatukan keberagaman di Tanah Air.

Dalam sambutan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang dibacakan Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, mengisahkan kehidupan Mbah Padmo Darsono (70 thn) yang tinggal di rumah yang amat sangat sederhana di dusun Girpasang, Kemalang Kabupaten Kendal yang menuturkan bahwa “urip kui sanajan abot tetep kudu dilakoni. Ojo sambat lan ojo ngeluh. Ojo mandeg senajan dengkul wis ndhredheg”.

Di usia negara kita yang ke 75 tahun ini spirit jangan mengeluh itulah yang mesti ada di setiap dada kita. Seberat apapun kehidupan yang kita hadapi. Termasuk kondisi di tengah pandemi sebagaimana yang kita rasakan sekarang. Dari keteguhan tekad dan spirit hidup mbah Padmo itulah kita mesti bercermin. Inilah saatnya kita menengok sanubari untuk menakar seberapa besar terhadap negeri.

“Bapak-Ibu, spirit itulah yang harus kita jaga untuk menghadapi tantangan ke depan. Sekali lagi saya mengutip ungkapan Mbah Padmo, urip kui sanajan abot tetep kudu dilakoni. Ojo sambat lan ojo ngeluh. Ojo mandeg senajan dengkul wis ndhredheg”. Merdeka, merdeka, merdeka,” tutupnya.

Selaras dengan pidato Gubernur Jawa Tengah, Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Wahyo Yuniartoto, S.E. M.Tr (Han) mengungkapkan bahwa Kemerdekaan yang kita rasakan sekarang ini adalah jerih payah Founding Father dan para Pahlawan Kemerdekaan yang telah dengan gigih dan kokoh mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari berbagai rongrongan, ancaman dan gangguan. Namun demikian dia menyadari, kondisi saat ini kita semakin dinamis di dalam mengisi kemerdekaan ini dengan berbagai macam kreatifitas dan edukasi menuju Indonesia Maju.

“Kami segenap Keluarga Besar Kodim 0703/Cilacap mengucapkan Dirgahayu yang Ke 75 Negara Kesatuan Republik Indonesia, mari kita wujudkan Indonesia Maju menyongsong masa depan dengan penuh semangat untuk mewujudkan Rakyat Indonesia yang Adil, Makmur dan Sejahtera serta senantiasa mencintai produk produk lokal hasil karya terbaik putra putra terbaik Bangsa Indonesia,” tandasnya.

Reporter : Endar

Editor : Tio

DomaiNesia

Cilacap

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.