Kepala Desa Carul Mengadakan Pelatihan Bengkel Otomotif dan Sablon

362 views

Tegal, medianasional.id – Buhori Kepala desa Carul kecamatan Bumijawa mengadakan pelatihan bengkel otomotif dan sablon di halaman depan Balai desa setempat pada Senin (13/01/2020). Pelatihan tersebut dipimpin langsung olehbl Buhori dan dibantu oleh pemuda yang sudah ahli atau menguasai otomotif dan mesin.

Pelatihan bengkel otomotif di mulai dari Desember tahun 2019 sampai Januari 2020. Dengan anggaran dana Rp 10.000.000 (sepuluh juta rupiah), agar hasil pelatihan tersebut bisa maksimal dan mempunyai ketrampilan, serta keahlian di bidang otomotif perbengkelan. Program pelatihan bengkel otomotif diikuti oleh enam pemuda dan terbuka untuk umum khususnya untuk pemuda desa Carul, peserta pelatihan sablon diikuti oleh lima perempuan dan sepuluh laki-laki.

Kades Carul mengatakan, “Kegiatan ini bertujuan untuk mengurangi pengangguran di desa Carul kecamatan Bumijawa serta agar menjadi pemuda yang kreatif, bisa memajukan desanya. Karena sebelumnya juga sudah pernah diadakan pelatihan, tapi sesudah pelatihan tidak digunakan atau dijalankan ilmunya kan percuma,” kata Buhori.

“Saya berharap kepada pemuda, setelah pelatihan ini selesai agar ilmunya bisa dimanfaatkan dan dijalankan sebaik-baiknya karena akan mendapatkan sertifikat pelatihan. Dan juga nanti akan dibuatkan bengkel otomotif untuk warga masyarakat desa Carul, yang mengelola itu pemuda desa kalau ada masyarakat yang motornya rusak, ganti oli, ganti ban, kampas rem dan lain-lain servisnya tidak usah jauh-jauh,” lanjut Buhori.

Dari satu peserta yang mengikuti pelatihan mengatakan, “walaupun belepotan dan kotor pakaian saya kena oli tapi saya sangat senang adanya program pelatihan ini, karena sangat membantu untuk mengurangi pengangguran para pemuda dan harapan saya semoga pak lurah ada ide-ide lagi untuk desa dan masyarakat, agar desa kami tidak ketinggalan dengan desa lain. Juga transparan dalam masalah pembangunan agar lebih maju lagi desa kami,” imbuhnya.

Pembina peserta pelatihan sablon nampak mengarahkan kepada pemuda dan pemudi yang mengikuti pelatihan.

“Kalau mempraktekan penyablonan pakai kaos yang biasa dulu, nanti kalau hasil penyablonan sudah bisa dan benar boleh pakai kaos yang baru. Tapi kalau hasilnya kurang bagus dan masih blepotankan sayang,” jelasnya.

Kegiatan pelatihan bengkel otomotif dilakukan setiap hari Jum’at sampai Minggu dan pelatihan sablon setiap Senin sampai hari Rabu.

Buhori selaku kepala desa Carul sangat mendukung masyarakat dan pemuda dalam melakukan kegiatan apapun, selalu kompak, gotong royong demi kebaikan dan memajukan desa.

“Kalau sudah selesai pelatihan kan mendapatkan sertifikat, nanti bisa digunakan untuk mencari atau melamar kerja, karena sudah mempunyai keahlian dan ketrampilan di bidang otomotif,” imbuhnya. (miran)

Tegal

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.