Wawasan Kebangsaan Perekat Pemersatu Anak Bangsa, Modal Utama Berbangsa dan Bernegara

232 views

Batang-mediansional.id
Menggelorakan kembali makna penting wawasan kebangsaan dalam setiap perjalan peradaban bangsa dan negara memiliki makna penting dalam proses keberdaannya, sehingga pergeseran waktu, masa dan zaman dalam peradaban sebuah bangsa dan negara dibutuhkan kekuatan dan semangat mempertahankan nilai – nilai luhur yang terkandung dalam makna wawasan kebangsaan itu sendiri.

Agar tidak terkikis dan luntur, hendaknya dinamika perjalanannya dijadikan pupuk penyubur semangat kebersamaan dalam keberagamaan yang makin terbina, terbangun, dan bangkit mempererat ikatan persatuan kesatuan kecintaan terhadap ibu pertiwi, apalagi mengingat situasi pandemi Covid -19 saat ini.

Di situasi kondisi cobaan bangsa Indonesia memasuki adaptasi kehidupan yang baru, masa pandemi covid -19 menuju suasana Agustusan, bulan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke – 75 tahun, tentunya menjadi tantangan semangat baru bagi warga negara diseluruh pelosok negeri dalam memaknai wawasan kebangsaan yang tepat, untuk lebih mempererat dan menguatkan berbagai keragamaan ras, etnis, budaya, agama namun satu dalam bingkai NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) tetap terjaga persatuan dan kesatuan dalam kondisi apapun, menyosong kedepan Indonesia bisa bangkit dan maju.

Mengobarkan kembali nilai – nilai luhur pancasila di sanubari setiap warga negara dalam kondisi pandemi Covid -19 menjadi sangat penting agar makin tergugah, terbangun, dan terbina kepedulian sesama anak bangsa, saling membantu.

Tentunya setiap partai politik memiliki sudut
padangan masing – masing dalam memaknai wawasan kebangsaan dalam kondisi pandemi sekarang.

Tepatnya Kamis, 6 Agustus 2020 awak media nasional silaturahmi ke kantor DPC PDIP- Perjuangan Kab. Batang, guna wawancara dengan H. Ahmad Ridwan, SE MM Ketua DPC PDI-Perjuangan Kabupaten Batang, mengenai penting wawasan kebangsaan disituasi sekarang.

H. Ahmad Ridwan, SE MM Ketua DPC PDI-Perjuangan Kabupaten Batang menyampaikan “bahwa wawasan kebangsaan saat ini memang baru mengalami pasang, surut, dimana proses demokrasi yang terbuka di Indonesia saat ini, secara langsung maupun tidak langsung memaksa masyarakat untuk mengartikan wawasan kebangsaan itu acap kali dikaitkan dengan hedrogennya keyakinan masyarakat masing-masing.

“Sehingga bangsa ini yang terdiri dari berbagai macam masyarakat, hendrogennya golongan, hendrogennya suku, hendrogennya keyakinan, seolah – olah telah terreduksi dengan gegap gempitanya demokrasi. Lanjut H. Ahmad Ridwan, SE MM
“maka dari itu, menurut kami, bangsa Indonesia ini sekarang semakin kuat, dan tangguh dengan keberagamaan wawasan kebangsaan dari masyarakatnya,”ucapnya.

“Saya yakin apa yang di cita – citakan oleh Founding Father, terutama Bung Karno terhadap Indonesia ini, dalam percaturan internasional akan semakin diperhitungkan oleh dunia. Sehingga dalam situasi pandemi covid -19 sekarang wawasan kebangsaan
adalah bagian dari proses pendewasaan berfikir masyarakat, sekalipun berbeda – beda, sekalipun banyak paham, sekalipun banyak keyakinan, sekalipun banyak pola pikir yang berkembang tetapi tetap yakin bahwa Indonesia ini dalam bingkai negara kesatuan NKRI akan tetap jaya sesuai yang dicita – citakan para pendiri bangsa,”terang H. Ahmad Ridwan, SE MM

“Sehingga dalam melaksanakan kehidupan berbangsa dan bernegara ini dalam kehidupan percaturan internasional penuh dengan lika – liku. Namun membutuhkan sebuah semangat kebangsaan tersendiri dalam situasi pandemi virus corona saat ini, agar bangsa Indonesia ini tetap kokoh, tetap jaya, tetap bersatu dalam semangat bingkai NKRI sesuai falsafahnya berbeda – beda tetapi tetap satu jua,”jelas H. Ahmad Ridwan, SE MM.

H. Ahmad Ridwan, SE MM berharap kedepannya untuk generasi muda penerus bangsa, khususnya yang paham bahwa estafet kepemimpinan itu tidak bakalan tidak terjadi, itu pasti terjadi!. “Maka dari itu generasi muda notabenenya mempunyai semangat pikir yang masih fresh, baru dan memiliki jiwa semangat idialis yang kuat,
Saya kira itu perlu, khusus Kab. Batang ini, yang mulai berbenah untuk menyosong kemajuan kedepan, sinergi dengan harapan – harapan pemerintah propinsi maupun pemerintah pusat,”tandasnya.

“Untuk menyongsong bahwa Kab. Batang mempunyai potensi yang sangat luar biasa, yang mau tidak mau harus terjadi kesamaan visi agar apa yang dicita – citakan itu bisa terwujud. Khususnya untuk generasi muda bisa ikut menyumbangsihkan atau memberikan pemikiran ide – ide kreatifitas maupun mentransformasikan ide – idenya, sehingga bersama – sama dengan masyarakat secara keseluruhan membangun Batang kearah yang lebih baik,”harapnya.

Ia menambahkan, “bahwa kedepannya Kabupaten Batang memiliki sebuah tagline baru, Batang Bangkit Bergerak Bersama Rakyat, dan selamanya tidak tertagline sebagai daerah pinggiran atau daerah hutan saja. “Maka dari itu, semangat ini terdengar oleh pemimpin – pemimpin kita, khusus Bapak Jokowi Presiden Indonesia, sehingga memberikan peluang yang luar biasa sebuah Kawasan Industri Terpadu Batang (KIT-B) di Banyuputih dan Gringsing.

Di mana nanti disana banyak fasilitas penunjang yang akan mampu menyerap tenaga trampil, maupun tenaga lapangan, sehingga masyarakat Batang dapat berkiprah. “Tentu harapannya kami PDI-Perjuangan bersama – sama dengan rakyat dan kekuatan partai politik yang ada di Batang ini bersama – sama membangun Batang kedepan lebih maju,”tutup H. Ahmad Ridwan, SE MM. (Sukirno).

DomaiNesia

PDIP Perjuangan Ajak Bangun Persatuan Bangsa Dalam Pandemi Covid-19

Penulis: 
author

Posting Terkait

Tinggalkan pesan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.